by

Kristen Bertanya Muslim Menjawab: Titik Temu Kakak Beradik

Kabar Damai I Rabu, 11 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I “Memaksa agama dan kehendak adalah bagian dari pengingkaran atas eksistensi agama lain bertentangan dengan firman Allah dalam Alquran surat al-Baqarah [2]:256”  – Kristen Bertanya Muslim Mejawab –

Judul                : Kristen Bertanya Muslim Menjawab
Penulis            : Ahmad Nurcholish
Penerbit          : PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit  : 2020
Tebal               : 554 halaman
Pernah ya kamu punya pertanyaan, apakah Kristen puasa dan gimana cara puasanya? Kenapa Islam puasa dan sholat 5 waktu? Kok Alquran diturunkan, bagaimana prosesnya? Haramkah Kristen bagi Muslim? Beragam pertanyaan yang berujung menjadi perdebatan sehingga tidak ada titik temu persaudaraan antara kakak beradik ini. Membaca buku Kristen Bertanya Muslim Menjawab ini seperti oase untuk kita khususnya orang Kristen agar lebih dekat dengan teman-teman Muslim, apalagi jawaban yang dilontarkan sangat amat menyejukkan. Lewat buku ini, aku baru memahami berbagai hal terutama relasi Islam dan Kristen pada zaman Nabi Muhammad dan tentang kebebasan beragama. Buku ini disusun menjadi tujuh bagian berdasarkan topik pertanyaan dari sosial media, kuliah atau ketika seminar yang dihadiri oleh Ust. Ahmad Nurcholish. Adapun bagian-bagiannya adalah:
  1. Kitab Suci dan Kenabian Muhammad
  2. Jilbab, Perempuan dan Kesehatan Reproduksi
  3. Titik Temu Kristen – Islam
  4. Pernikahan dan Keluarga dalam Islam
  5. Negara, Khilafah dan Kepemimpinan
  6. Islam, Kemanusiaan dan Perdamaian
  7. Dari Dialog Kristen – Islam Menuju Indonesia Damai
Dalam setiap bagiannya, terdapat topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang mungkin juga menjadi pertanyaanmu. Misalnya, apakah benar Kristen itu kafir? Bagaimana hukum pernikahan beda agama di Islam? Bolehkah memilih pemimpin non-muslim dalam Islam? Masih banyak lagi topik seru yang dibahas dan ini akan membuka mata kamu untuk menjawab semua ketidaktahuan selama ini. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut juga akan mencerahkan, apalagi kita yang masih sangat awam dan masih banyak pertanyaan belum terjawab.
Apa yang ditulis oleh Ust. Nur ini sangat mudah dipahami, meski menampilkan beberapa ayat Alquran tetapi kemudian diberi penjelasan yang rinci sehingga kita dengan cepat menangkap maksudnya. Buku ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja dan bisa jadi acuan dialog agar tidak ada kesalahpahaman karena ketidaktahuan. Apa yang menjadi pertanyaan semuanya dijawab dengan jelas sehingga kita punya wawasan baru. Jawabannya juga berdasarkan Alquran dan tafsir sehingga bisa dipercaya. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari  dan ringan. Halaman demi halaman bisa diselesaikan dengan cepat karena membaca buku ini seperti kita sedang ngobrol dengan teman sendiri.
Untuk mengenal lebih dekat satu sama lain dan tidak ada pemahaman keliru, maka bacalah buku ini. Sebagai pandangan lain atau pelengkap buku ini, ada juga Muslim Bertanya Kristen Menjawab sehingga lebih rinci dan lengap pengetahuan kita. Jangan sampai karena tidak tahu membuat kita punya prasangka terhadap kelompok lain. Tuhan telah mengajarkan untuk selalu mengutamakan cinta kasih maka lakukanlah sesuai ajaran Tuhan.
Penulis: Isa Oktaviani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed