by

Komunitas Muslim di Bali Hidup Rukun di Tengah Mayoritas Warga Hindu

-Kabar Utama-119 views

Kabar Damai I Rabu, 17 Maret 2021

 

Jakarta | kabardamai.id | Jika berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Komunitas Muslim di Bali yang berada di Kampung Islam Gelgel.

Kampung Islam Gegel terletak di wilayah Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung, Bali, sekitar satu jam perjalanan arah timur Denpasar dengan luas 8,5 hektare tersebut berbatasan dengan Desa Gelgel dan Desa Kamasan. Wilayah Kampung Islam Gelgel lekat dengan nuansa Islami.

Saat ini, penduduk di Kampung Islam Gelgel berjumlah lebih dari 1.000 warga yang terdiri dari 327 kepala keluarga. Meski beragama Islam, namun kehidupan warga minoritas Muslim ini sangat harmonis dengan warga umat Hindu yang hidup di sekitar Kampung Islam Gelgel.

Kerukunan di Kampung Islam Gelgel memang patut ditiru, dan merupakan sebuah bentuk kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang patut dijaga dan dilestarikan di tanah air Indonesia.

Baca juga: Hindu dan Toleransi Kehidupan Beragama

Para perempuan di kampung ini sebagian besar mengenakan pakaian Muslimah dalam kehidupan sehari-hari, selayaknya orang Islam pada umumnya. Meski berbusana beragama Islam, penduduk Kampung Islam Gelgel berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Bali, bahasa daerah penduduk sekitar.

Sejarah mencatat, komunitas Muslim di Bali yang berada di Kampung Muslim di Bali tersebut berdiri pada abad ke-14 dan awalnya warga Muslim penghuni kampung ini menggunakan nama khas Bali, seperti wayan, made, nyoman atau ketut.

Seiring berjalannya waktu, para penduduk tidak lagi menggunakan nama khas Bali tersebut. Nama Islam mulai muncul dan menggantikan nama-nama khas Bali tersebut. Meski begitu, orang-orang Islam di Kampung Gelgel masih menggunakan bahasa khas Bali.

Warga sekitar percaya bahwa Komunitas Islam di Bali yang berada di Kampung Islam Gegel muncul pada saat kunjungan raja Kerajaan Gelgel yang terletak di Kabupaten Klungkung ke Kerajaan Majapahit di Pulau Jawa.

Sekembalinya dari Majapahit, raja yang bernama Dalem Ngulesir diantar oleh puluhan orang prajurit Majapahit yang semuanya memeluk agama Islam. Setelah tiba di Kerajaan Gelgel, puluhan prajurit dan abdi raja yang berasal dari Majapahit memilih untuk menetap di Gelgel.

Raja Gelgel I Ketut Dalem Ngulesir kemudian memberi wilayah di bagian timur Kerajaan Gelgel yang kini menjadi kampung Islam Gelgel. Dari cerita tersebut bisa disimpulkan bahwa leluhur komunitas Islam di Bali yang berada di Kampung Islam Gegel berasal dari Kerajaan Majapahit yang berada di pulau Jawa.

 

Penulis   : Ayu Alfiah Jonas

Sumber  : Liputan6.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed