by

Komnas Perempuan Berikan Tips Mengentaskan Beban Ganda Perempuan saat PPKM

-Kabar Puan-15 views

Kabar Damai I Senin, 12 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Tidak bisa dipungkiri bahwa ada peran ganda perempuan saat PPKM Darurat ini. PPKM Darurat ini sendiri dilaksanakan mulai 3 hingga 20 Juli 2021 dan berlaku di pulau Jawa-Bali. Selama masa PPKM, wilayah dengan zona merah dan oranye diharuskan untuk menjalankan segala aktivitasnya di rumah termasuk bekerja.

Masyarakat dihimbau untuk Work From Home (WFH) selama masa PPKM berlangsung. Nah selama PPKM ini, banyak perempuan yang harus menjalankan peran ganda di dalam rumah tangga. Seperti mengasuh anak, mengurus rumah tangga, dan bekerja.

Baca Juga: Jangan Gagal Paham, Menutup Masjid karena PPKM Darurat Itu Sesuai Hukum Syariat!

Bahkan sebelum masa pandemi, perempuan sudah dikaitkan dengan pekerjaan di ranah domestik. Di masa pandemi terlebih saat PPKM seperti saat ini membuat pekerjaan domestik semakin banyak dan waktu selesai semakin lama.

Nah untuk mengentaskan peran ganda perempuan selama PPKM, Komnas Perempuan memberikan beberapa tips melalui akun Instagramnya.

Ini dia tips mengentaskan peran ganda perempuan selama PPKM dari Komnas Perempuan ini!

  1. Berdiskusi

Diskusikan dengan pasangan secara transparan. Katakan jika kamu merasa cukup kesulitan untuk melakukan seluruh pekerjaan sendirian. Saat berdiskusi, tentukan waktu dan tempat yang tepat.

Kamu juga perlu memperhatikan suasana hati suami, jika mereka terlihat banyak pikiran berikan mereka waktu istirahat sejenak.

  1. Terbuka

Terbukalah untuk menyampaikan bagaimana keadaan dirimu. Jika kamu merasa lelah dan kewalahan daalam menyelesaikan pekerjaan domestik, kamu dapat mengatakan pada suami.

Katakan juga dampak yang akan timbul jika pekerjaan domestik tidak dikerjakan bersama seperti kamu kelelahan, stres karena pekerjaaan belum selesai, atau membuat pekerjaan kantor terbengkalai.

  1. Atur skala prioritas

Kamu juga perlu mengatur skala prioritas. Lakukan hal yang menurutmu lebih penting. Tentu kamu memiliki banyak hal yang harus segera diselesaikan seperti pekerjaan kantor, menemani anak sekolah daring, dan mengurus rumah tangga. Kamu juga perlu membagi waktu dengan tepat, jika salah satu meleset ini akan mempengaruhi yang lainnya.

  1. Bagi tugas secara adil

Pembagian tugas domestik dengan pasangan perlu dilakukan secara adil. Jangan sampai ini memberatkan salah satu pihak. Jika kamu sudah memasak dan mencuci piring, biarkan suami menyapu dan membersihkan halaman.

Untuk menjalankan tugas domestik diperlukan kerjasamaa setiap pasangan karena rumah tangga tidak hanya kamu tetapi juga pasangan. Nah itulah tips mengentaskan peran ganda perempuan selama PPKM.

 

Yuk ajak pasanganmu membaca artikel ini juga!

Penulis: Ai Siti Rahayu

Sumber: Official Instagram Komnas Perempuan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed