KKB di Kepulauan Yapen Laksanan Apel Cium Merah Putih

Kabar Utama159 Views

Kabar Damai I Selasa, 21 Desember 2021

Jayapura I kabardamai.id I Puluhan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua menyerahkan diri pada Sabtu (18/12/2021). Mereka mendatangi Mapolres Kepulauan Yapen untuk menyatakan diri kembali bergabung dengan NKRI. Ikrar bergabungnya puluhan anggota KKB ke NKRI ini disaksikan Kapolres Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo, Asisten II Setda Yapen dan Kepala Kesbangpol Kepulauan Yapen.

Apel itu dilaksanakan di Lapangan apel Mapolres Kepulauan Yapen pada Sabtu (18/12/2021). Penyerahan diri itu dihadiri oleh pihak Kabupaten Kepulauan Yapen, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Ferdyan Indra Fahmi, dan Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yapen Waropen, Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho.

“Kami menyambut baik upaya nyata dari semua saudaraku untuk hadir ke sini menyerahkan diri dan menyatakan bahwa kita semua adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap AKBP Ferdyan, dalam keterangan dari Polda Papua, Sabtu (18/12/2021).

Menurut Ferdyan, polisi dan TNI terus melakukan upaya agar anggota KKB sadar dan kembali meyakini NKRI. Pendekatan tidak hanya dilakukan dengan cara penegakan hukum.

“Pasca kita melaksanakan kegiatan penegakan hukum kemarin, kita terus melakukan upaya penegakan secara persuasif dan humanis untuk memberikan pemahaman serta meyakinkan saudara-saudaraku semuanya bahwa aparat TNI-Polri yang ada di Kepulauan Yapen ini bukan sebagai musuh tapi sebagai keluarga,” katanya.

Dengan penyerahan diri ini, keamanan perayaan natal 2021, akan berlangsung dengan lebih aman.

Baca Juga: Komnas HAM: Belasan Organisasi KKB di Papua Ingin Dialog Damai

“Kita harus pastikan bahwa perayaan natal berjalan dengan damai, aman, sukacita dan penuh hikmat sehingga saudara kita semua yang merayakan Natal dapat melaksanakan ibadah dengan tenang,” katanya.

“Kami selaku aparat keamanan di sini, Polres Kepulauan Yapen dan Kodim 1709/Yawa mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjaga wilayah kita, di mana masyarakat Yapen telah kami anggap sebagai bagian dari keluarga” kata AKBP Ferdyan Indra Fahmi dalam siaran pers yang diterima MNC Portal, Minggu (19/12/2021).

Dia menambahkan bahwa di samping melaksanakan kegiatan penegakan hukum, pihaknya terus melakukan upaya penegakan secara persuasif dan humanis. “Kami akan terus memberikan pemahaman serta meyakinkan saudara-saudaraku semuanya bahwa aparat TNI-Polri yang ada di Kepulauan Yapen ini bukan sebagai musuh tapi sebagai keluarga,” ujarnya.

Pemerintah hadir untuk membangun Kepulauan Yapen dan membantu percepatan kesejahteraan untuk bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, dari sisi pendidikan dan dari sisi kesehatan. “Saat ini kita juga fokus melindungi masyarakat serta menjaga masyarakat dalam menyongsong perayaan Hari Natal.

Kita harus pastikan bahwa perayaan Natal berjalan dengan damai dan aman sehingga saudara kita semua melaksanakan ibadah dengan tenang,” ujarnya. Sementara itu Dandim 1708/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo mengatakan bahwa keberadaan TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti. “Kita di sini bersama-sama ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kepulauan Yapen,” katanya.

Salah satu anggota KKB yang menyerahkan diri mengaku telah salah memilih bergabung dengan kelompok separatis. “Kami telah salah memilih jalan, maka itu sekarang kami mau kembali untuk bersatu kita bersama-sama mewujudkan persatuan Republik Indonesia. Bapak Kapolres sudah sampaikan kita tidak perlu lagi Merdeka, kami semua sudah sepakat untuk mengantarkan diri kesini dan mengaku kesalahan-kesalahan kami,” ujarnya.

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengimbau agar anggota KKB lainya mengikuti jejak saudaranya yang menyerahkan diri pada NKRI. “Agar situasi kamtibmas lebih kondusif dan konsentrasi dapat fokus pada membangun daerah dengan meningkatkan SDM maupun saran dan prasarana untuk mendukung kehidupan masyarakat untuk mencipta kan kemakmuran,” ujarnya. [damailahindonesiaku/okezone]

Editor: Ai Siti Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *