by

Kiat Menumbuhkan Empati terhadap Perempuan Korban Kekerasan

-Kabar Puan-77 views

Kabar Damai | Minggu, 11 April 2021

Jakarta I Kabardamai.id I Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanusiakan dan menghargai hak-hak perempuan, salah satunya adalah dengan  menumbuhkan rasa empati terhadap perempuan korban kekerasan. Empati lebih dari sekedar memberi dampak secara personal. Lebih jauh, empati juga kasih sayang dibutuhkan untuk masa depan yang berkelanjutan dan manusiawi.

Kekerasan Perempuan

Dilansir dari  komnasperempuan.go.id, dalam Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2020 menyatakan sepanjang tahun 2020 jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan sebesar 299.911 kasus. Terdiri dari kasus yang ditangani oleh : [1] Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama sejumlah 291.667 kasus. [2] Lembaga Layanan mitra Komnas Perempuan sejumlah 8.234 kasus. [3] Unit Pelayanan Rujukan (UPR) Komnas Perempuan sebanyak 2.389 kasus, dengan catatan 2.134 kasus merupakan kasus berbasis gender dan 255 kasus diantaranya adalah kasus tidak berbasis gender atau pemberian informasi.

Kiat Menumbuhkan Empati

Selain menyajikan data kuantitas kekerasan terhadap perempuan. Komnas Perempuan juga memberikan kiat dalam menumbuhkan empati kepada perempuan korban kekerasan. Informasi ini turut diunggah dalam official instagram resminya @komnasperempuan sebagai berikut:

  1. Tantang diri untuk keluar dari zona nyaman. Cari tahu bahwa dunia tidak baik-baik saja bagi perempuan korban kekerasan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membaca informasi melalui berita, buku atau jurnal, atau permasalahan di lingkungan sekitar kita.
  2. Bangun percakapan dan dengarkan kisah perempuan korban.
  3. Hentikan budaya menyalahkan korban. Budaya menyalahkan korban pada akhirnya akan membungkam mereka untuk bersuara dan mencari pertolongan serta melanggengkan kekerasan.
  4. Belajar memahami kondisi dan perasaan korban. Tidak semua hal tentang diri kita, hindari asumsi bahwa hidup berjalan sama bagi setiap orang.
  5. Gaungkan suara korban. Menggaungkan pesan mereka adalah bentuk dukungan bagi mereka.
  6. Membantu perempuan korban dan lembaga layanan. Dukung lembaga layanan untuk mendampingi korban dengan menjadi relawan, berdonasi atau bantuan lainnya.

Penulis: Rio Pramata

Sumber: komnasperempuan.go.id I Instagram @komnasperempuan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed