by

Keutamaan Shalat Idul Fitri

Kabar Damai | Senin, 02 Mei 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Hari raya idul fitri segera tiba, sejak penghujung ramadan umat muslim telah riang gembira menyambutnya dengan menyiapkan berbagai hal yang dapat dilakukan.

Kalender menunjukkan bahwa idul fitri akan dilaksanakan pada 2 Mei 2022, namun tetap harus menunggu keputusan akhir dari sidang isbat yang akan digelar oleh Kementerian Agama terlebih dahulu.

Satu hal yang penting dalam idul fitri ialah pelaksanaan shalatnya. Namun, sebagian orang ada pula yang memilih untuk tidak melaksanakan dan berdiam di rumah sembari menyiapkan hidangan guna menyambut tamu yang akan berkunjung nantinya. Menyikapi hal tersebut, Ustadz Ahmad Muntaha dalam kanal NU Online turut menyikapinya.

Ia menjelaskan, walaupun hukum melaksanakan shalat idul fitri disunahkan, namun perlu diketahui bahwa dalam mazhab Syafii banyak ulama yang menyatakan bahwa hukumnya bukan sunah melainkan fardhu kifayah.

Oleh karena itu, ketika sebagian ulama menyatakan sunah dan sebagian lagi menyatakan fadhu kifayah maka menjadi indikasi tentang begitu pentingnya shalat idul fitri sehingga tetap paling baik dan terbaik ialah dengan tetap melaksanakannya meskipun terkadang di rumah belum beres dalam mempersiapkan hal.

Baca Juga: Idul Fitri Perekat Persaudaran

Selain itu, shalat idul fitri juga merupakan ibadah yang istimewa. Hal ini karena disana setelag satu bulan susah payah dalam beribadah kemudian dihari raya idul fitri kemudian akan mendapatkan anugerah pahala yang sangat besar dengan menjalankan shalat idul fitri dan tetangga di masjid-masjid yang ada.

Allah telah memberikan banyak kebaikan pada bulan ramadan sebulan penuh. Ringan dalam berpuasa, enteng dalam shalat tarawih dan witir dan kemudian inilah saat yang dinanti yaitu menjemput pahala yang sangat besar.

“Kita berangkat untuk shalat idul fitri bersama keluarga dan tetangga selain sebagai bagian dari ibadah kepada Allah pada hakikatnya saat bernagkat shalat idul fitri maka sedang menjemput pahala yang besar dari Allah,” jelasnya.

Setelah shalat, biasanya akan ada acara secara singkat dan halal bihalal secara umum untuk kemudian dilanjut di rumah masing-masing. Pada saat itu, para malaikat sudah menunggu dan memberikan apresiasi kepada umat Islam yang telah melaksanakan shalat idul fitri.

Meskipun shalat idul fitri hukumnya sunah, namun akan sangat penting dan merugi apabila umat muslim tidak melaksanakannya.

“Selamat menunaikan ibadah shalat idul fitri, selamat merayakan hari raya idul fitri 1443 Hijriyah,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed