by

Kemenag Siapkan Rp35,3M untuk Beasiswa Hindu

Kabar Damai I Minggu, 8 Agustus 2021

Jakarta I kabardamai.id I Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu Kementerian Agama (Kemenag) mengalokasikan anggaran senilai 35,3 miliar rupiah untuk program beasiswa bagi mahasiswa Hindu pada 2021.

Melansir laman Kementerian Agama, beasiswa ini dialokasikan bagi 4.310 mahasiswa Hindu dari berbagai daerah yang tersebar di 15 Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH), baik negeri maupun swasta, pada sembilan provinsi di Indonesia.

“Program beasiswa ini kita tujukan untuk mewadahi potensi-potensi generasi muda Hindu dari berbagai pelosok di Indonesia agar bisa turut membawa kemajuan bagi umat dan bangsa” ungkap Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto, Jumat, 6 Agustus 2021.

Tri Handoko menyebutkan, anggaran beasiswa mahasiswa Hindu di 2021 ini mengalami peningkatan sebesar 14,8 miliar rupiah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2020, menurut Handoko, Ditjen Bimas Hindu menganggarkan beasiswa senilai 20,4 miliar rupiah yang diperuntukkan bagi 3.089 mahasiswa dari 13 perguruan tinggi.

Sumber Foto: kemenag.go.id

“Penambahan anggaran sebesar 14,8 miliar ini sebagai bentuk keseriusan Ditjen Bimas Hindu dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bangsa, terlebih di tengah situasi pandemi banyak orang tua yang sulit membiayai anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan,”sambung Dirjen Bimas Hindu, seperti dikutip kemenag.go.id (7/8).

Baca Juga: Siapkan Pemimpin Masa Depan, Kemendikbudristek Beri Beasiswa di Jepang Bagi ASN

Ia menyampaikan, terdapat enam jenis beasiswa yang bisa diperoleh oleh mahasiswa Hindu di tahun 2021. Pertama, Bantuan Beasiswa Prestasi Akademik Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta. Kedua, Bantuan Beasiswa Bidikmisi Lanjutan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta.

Ketiga, Bantuan Beasiswa Strata Dua (S-2) Bagi Mahasiswa Lulusan Program Strata Satu (S-1) Dengan Kategori Cumlaude Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu. Keempat, Beasiswa Bidik Misi. Kelima, Beasiswa Mahasiswa Miskin. Dan terakhir, Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik.

 

Sumber Foto: kemenag.go.id

“Klasifikasi jenis beasiswa ini sengaja kita lakukan agar program ini lebih tepat sasaran sesuai dengan jenjang, kemampuan, dan latar belakang mahasiswa. Sehingga program ini juga turut menghadirkan keberadilan,” jelas Tri Handoko Seto.

Dengan keseriusannya ini, Tri Handoko Seto berharap setiap perguruan tinggi Hindu baik negeri maupun swasta bisa terus berupaya mengoptimalkan program bantuan beasiswa. Tujuannya, agar semakin banyak generasi Hindu yang terfasilitasi untuk mendapatkan pendidikan.

“Semakin banyak yang menempuh pendidikan tinggi, maka semakin cepat ia bisa berkontribusi untuk bangsa,” tutupnya.

Editor: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed