by

Kemenag Selesaikan Penulisan Empat Modul Moderasi Beragama

Kabar Damai I Minggu,  25 April 2021

Bogor | kabardamai.id | Kemenag telah menuntaskan modul empati beragama untuk diimplementasikan pada satuan pendidikan, khususnya oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Modul akan digunakan pada tahun ajaran baru 2021, diawali proses ujicoba pada sejumlah sekolah yang ditentukan.

Hal ini disampaikan Direktur PAI Rohmat Mulyana Sapdi saat membuka Workshop Materi Penguatan Modul Beragama di Sekolah / PTU di Bogor, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, dilansir laman resmi Kementerian Agama RI, penyusunan modul merupakan tindak lanjut amanat Menteri Agama, bahwa 2021 menjadi tahun implementasi moderasi beragama.

Baca Juga : Kemenag dan Pemda Sibergi Kembangkan Pusat Pendidikan Hindu di Bangli

Empat modul tersebut adalah 1) buku saku yang menjelaskan sembilan nilai moderasi beragama; 2) modul penguatan moderasi beragama guru; 3) muatan muatan yang dimuat moderasi beragama pada mata pelajaran PAI; dan 4) baru bagi siswa dan organisasi kesiswaan bidang agama yang sangat moderasi beragama.

“Empat modul tersebut akan menjadi pelaksanaan baru pelaksanaan moderasi beragama di satuan pendidikan, terutama sekolah. Kita berharap juga dapat diimplementasikan di madrasah dan pesantren, ”ujar Rohmat Mulyana Sapdi, seperti dikutip kemenag.go.id.

“Ini asisten teknis untuk menunjang guru dalam bidang moderasi beragama. Guru tercerahkan, siswanya juga berubah, terangnya.

Bedah empat modul ini menghadirkan Abdul Rochman, Koordinator Staf Khusus Kemenag; Ishfah Abidal Aziz, Staf Khusus Menu Bidang Moderasi Beragama; Alissa Wahid, konsultan Moderasi Beragama Kemenag.

Hadir pula, Sekretaris Pokja Moderasi Beragama Imam Safei, serta Aceng Abdul Azis sebagai representasi dari Pokja Beragama Kemenag. Mereka intensif dalam memberikan penguatan substansi modul implementasi moderasi beragama.

Sumber: kemenag.go.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed