by

Kemenag Nobatkan Das’ad Latif sebagai Duta Moderasi Beragama

Kabar Damai I Jumat, 12 Maret 2021

 

Jakarta I kabardamai.id I Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui Kementerian Agama memberikan apresiasi tulus kepada Ustaz Das’ad Latif dengan menobatkannya sebagai Duta Moderasi Beragama.

Penobatan tersebut menurut Gus Yaqut lantaran dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin Makassar ini senantiasa mensyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin kepada umat muslim di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menag saat memberi sambutan dalam peringatan Isra” Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 1442H/2021M.

“Kita menobatkan Ustaz Das’ad Latif sebagai Duta Moderasi Beragama. Dan kita senang dalam setiap ceramahnya Ustadz Das’ad Latif senantiasa mensyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin dan Islam yang damai kepada umat,” ujar Menag di hadapan Wapres KH Ma’ruf Amin yang mengikuti gelaran Isra’ Mi’raj melalui video conference, Rabu (10/3/2021) malam.

Laman resmi Kementerian Agama mewartakan penobatan Duta Moderasi Beragama tersebut disampaikan Menag usai Ustaz Das’ad Latif memberikan tausiyah dalam peringatan Isra” Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 1442H/2021M.

Isra’ Mi’raj tahun ini mengusung tema “Spirit Isra’ Mi’raj dalam Membangun Moderasi Beragama”. Acara ini digelar secara daring dan luring dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

“Banyak hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, khususnya dalam Moderasi Beragama. Di antara spirit Isra’ Mi’raj itu adalah keseimbangan, persatuan, keadilan dan musyawarah yang juga menjadi spirit bangsa Indonesia di tengah keberagaman menuju cita-cita bangsa berdasarkan nilai Pancasila dan UUD 1945,” terang Menag.

Hadir mengikuti secara daring, para duta besar negara sahabat, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, Rektor PTKIN, Kakanwil Kemenag, perwakilan ormas Islam dan undangan lainnya.

 

Baca juga: Kemenag Bahas Penguatan Moderasi Beragama dalam Rakor Lintas K/L

Siapa Ustaz Das’ad Latif?

Dikutip dari laman cariudstadz.id, ustaz Das’ad Latif lahir di Makassat pada tanggal 21 Desember 1973.

Ustaz yang memiliki gelar pendidikan Dr. Das’ad Latief S.Sos., S. Ag., M.Si., Ph.D  ini adalah seorang mubaligh yang aktif berdakwah dari satu mimbar ke mimbar yang lain, dan dari satu televisi hingga ke media sosial.

Pendidikan strata 1 dia  ditempuh di dua tempat sekaligus, yaitu Universitas Islam Negri (UIN) Alaudin pada bidang Peradilan Islam dan di Universitas Hasanudin pada bidang Ilmu Komunikasi.

Lalu, dia melanjutkan pendidikan magister di Universitas yang sama dalam bidang komunikasi.

Tribun Surabaya menyebut, keseriusannya dalam menuntut ilmu dibuktikannya dengan gelar P.hD dari Universitas Kebangsaan Malaysia dalam bidang Ilmu Komunikasi sekaligus gelar Doktor ke dua kalinya di Universitas Islam Makasar dalam bidang Ilmu Syariah.

Cara dakwahnya yang ringan dan santai membuat ustadz Das’ad Latif dikenal publik.

Mengisi pengajian keagamaan di berbagai televisi nasional seperti TVOne, SCTV, dan berbagai televisi lokal seperti TVRI Makassar dan radio di Makassar.

Ustaz Das’ad Latif  juga aktif berceramah secara luring di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, Pembina Majlis Taklim ibu-ibu IWABA, serta menjadi pembimbing untuk ibadah haji dan umrah.

Ustaz Das’ad Latief juga aktif mengajar dan menjafi peneliti di Universitas Hasanudin dengan spesifikasi keilmuan Public Relations.

Selain di Unhas, dia juga mengajar di berbagai kampus seperti STIKOM FAJAR Makassar. STIE AMKOP Makassar, Universitas Islam Makassar, STIM NITRO Fajar Makassar, Universitas Indonesia Timur Makassar dalam bidang ilmu komunikasi serta menjadi CEO PT. Gelora Indah Perdana, Biro Perjalanan Haji plus Umroh. [ ]

 

 

Penulis: A. Nicholas

Editor: Ahmad Nurcholish

Sumber: kemenang.go.id I cariudstadz.id I surabaya.tribunnews.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed