by

Keistimewaan Amalan Baik Bulan Ramadan

Kabar Damai | Senin, 2 Mei 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Ramadan adalah bulan penuh amalan baik yang senantiasa ditunggu seluruh muslim di dunia. Semua orang akan senantiasa berlomba dalam ibadah dan kebaikan karena pahala yang dilipatgandakan. Hal tersebut dijelaskan oleh Ustadz Nurul Furqon.

Ia menuturkan, sepanjang bulan ramadan ini, tentu bersama sudah dilakukankah berbagai amalan-amalan di bulan ramadan ini.  Namun, masih banyak yang lupa atau bahkan belum mengetahui apa saja keutamaan dari amalan yang telah dilakukan.

Beberapa amalan yang daoat dilakukan saat bulan suci ramadan adalah solat tarawih, pada bulan ramadan ini sangat baik untuk mengusahakan melakukan salat tarawih sampai selesai sehingga dapat menyebabkan pahala solat malam secara penuh.

Apalagi mengingat sangat sulit sekali dalam melaksanakan solat malam, namun dapat didapatkan keistimewaan itu apabila melakukan solat malam bersama imam dalam tarawih sampai selesai.

Kestimewaan kedua dari amalan bulan ramadan yaitu dengan membaca Al-quran. Ketika seseorang membaca Al-quran maka sama saja kita telah melakukan satu kebaikan hanya dengan membaca Al-quran per satu hurufnya.

“Satu huruf maka sama saja satu kebaikan, bagaimana jika satu jus tentu akan sangat banyak kebaikan yang diperoleh,” ungkapnya.

Baca Juga: Ramadan: Bulan Madrasah Sabar dan Syukur

Membaca Al-quran sejatinya memang menjadi keharusan yang dilakukan. Apalagi mengingat banyak sekali ganjaran yang dapat diperoleh.

“Membaca Al-quran memang menjadi sebuah keharusan, apalagi saat ramadan. Kalau malas kita paksa minimal satu halaman. Tanpa ada paksaan dari diri tentu akan sulit melakukan hal-hal yang lain. Namun jika terbiasa dengan paksaan itu maka akan lebih mudah untuk membaca Al-quran,” jelasnya.

“Semakin banyak kita membaca Al-quran maka akan semakin banyak kita membacanya, tapi jika semakin jarang maka kita akan semakin susah membacanya,” tambahnya.

Ia menambahkan, amalan yang dapat memperoleh keutamaan saat ramadan yang ketiga yaitu dengan berbuat baik dengan bersedekah.

“Saat ramadan akan lebih baik untuk meningkatkan dalam berbuat baik dan berdermawan,” tuturnya.

Kemudian, amalan yang keempat yaitu memberi makan orang yang berpuasa. Pahala seseorang yang memberi makan orang berpuasa akan mendapatkan pahala serupa tanpa berkurang sedikitpun.

“Maka jika bisa maka sebanyak-banyaknya untuk memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa supaya dapat memperoleh fadilah puasa,” ajaknya.

Amalan terakhir ialah doa puasa, doa orang yang berpuasa itu diijabah Allah.

“Mari bersama untuk mengamalkan amalan yang baik sehingga segala amalan bulan ramadan mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed