by

Kapolri: Bantu Polri Tangkal Hoak dan Ujaran Kebencian

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berharap pers atau insan media untuk ikut membantu menangkal serta memerangi penyebaran hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan Listyo Sigit saat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 bagi para insan pers di Tanah Air. Ia berharap pers atau insan media untuk ikut membantu menangkal serta memerangi penyebaran hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

“Selain itu, (masyarakat) ikut membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar mantan Kabareskrim Polri itu seperti dikutip Antara (9/2).

Dengan munculnya semangat yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI, Sigit menekankan bahwa hal itu dapat makin memperkuat kebinekaan di Indonesia.

“Dengan turut membangkitkan semangat kebinekaan, mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa,” tutur mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu.

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri pada tanggal 9 Februari 1946. Peringatan HPN dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Pada tahun 2021, peringatan HPN awalnya akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, karena masih pandemi COVID-19, peringatan HPN 2021 diselenggarakan di DKI Jakarta secara daring maupun tatap muka.

Tema besar HPN 2021 adalah “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara.

Dalam sejarahnya, seperti ditulis tribunnews.com (9/2), pada 9 Februari 1946, perjuangan wartawan dan pers Indonesia memperoleh wadah dan wahana yang berlingkup nasional dengan terbentuknya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Setelah melalui proses panjang, Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomot 5 Tahun 1985 menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. [AN/jabarantaranews.com/tribunnews.com]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed