by

Kampanyekan Body Positivity, Pinterest Batasi Iklan Produk Pelangsing

Kabar Damai I Rabu, 14 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Pinterest telah meluncurkan kebijakan baru terkait iklan yang muncul di website-nya. Kebijakan baru terkait iklan itu bertujuan untuk mengkampanyekan body positivity di dalam platform-nya.

Dikutip dari Parapuan.co Pinterest ingin platform-nya ramah pengguna dengan menampilkan iklan yang minim menunjukkan image tubuh kurus, langsing, dan putih.

Bermula dari temuan National Eating Disorders Association atau NEDA bahwa sejak pandemi dimulai tahun lalu, terjadi peningkatan tajam dalam kebiasaan atau pola makan tidak sehat dan gangguan makan pada generasi muda.

Dari temuan NEDA itu, Pinterest kemudian merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa banyak orang merasa lebih tertekan ketika akan kembali ke lingkungan sosial untuk pertama kalinya dalam 15 bulan.

Baca Juga: Wujudkan Body Positivity, Pemerintah Norwegia Larang Influencer Mengedit Foto

Kemudian pada 1 Juli 2021, Pinterest mengumumkan akan memperbarui kebijakan iklannya dengan melarang seluruh iklan yang mengandung bahasa dan gambar tentang penurunan berat badan.

Kebijakan iklan baru Pinterest ini selanjutnya akan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan panduan NEDA, Kawan Puan.

Lalu, konten iklan seperti apa yang akan dibatasi oleh Pinterest dalam rangka mendukung body positivity?

Melansir dari ABC 7, berikut konten iklan yang akan dibatasi oleh Pinterest.

Bermula dari temuan National Eating Disorders Association atau NEDA bahwa sejak pandemi dimulai tahun lalu, terjadi peningkatan tajam dalam kebiasaan atau pola makan tidak sehat dan gangguan makan pada generasi muda.

Dari temuan NEDA itu, Pinterest kemudian merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa banyak orang merasa lebih tertekan ketika akan kembali ke lingkungan sosial untuk pertama kalinya dalam 15 bulan.

Kemudian pada 1 Juli 2021, Pinterest mengumumkan akan memperbarui kebijakan iklannya dengan melarang seluruh iklan yang mengandung bahasa dan gambar tentang penurunan berat badan. Kebijakan iklan baru Pinterest ini selanjutnya akan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan panduan NEDA, Kawan Puan.

Lalu, konten iklan seperti apa yang akan dibatasi oleh Pinterest dalam rangka mendukung body positivity?

Melansir dari ABC 7, berikut konten iklan yang akan dibatasi oleh Pinterest.

Berdasarkan kebijakan baru Pinterest, hal-hal berikut dalam iklan akan dilarang:

  1. Bahasa atau image penurunan berat badan apapun.
  2. Testimoni terkait penurunan berat badan atau produk pelangsing.
  3. Bahasa dan image apapun yang mengidealkan atau merendahkan bentuk tubuh tertentu.
  4. Referensi Body Mass Index (BMI) atau Indeks massa tubuh.
  5. Produk apapun yang mengklaim penurunan berat badan melalui sesuatu yang dipakaikan atau dioleskan ke kulit.

Sebelumnya, Pinterest juga telah melarang penayangan iklan yang mengajak untuk menurunkan berat badan agar memiliki bobot ideal. Konten iklan tersebut antara lain adalah:

  1. Pil penurun berat badan atau penekan nafsu makan, suplemen, dan produk serupa.
  2. Gambar tubuh sebelum dan sesudah penurunan berat badan.
  3. Prosedur penurunan berat badan misalnya sedot lemak atau pembakaran lemak.
  4. Mempermalukan citra tubuh, seperti gambar atau bahasa yang mengolok-olok dan mendiskreditkan tipe atau penampilan tubuh tertentu.
  5. Klaim tentang hasil kosmetik yang tidak realistis.

Di samping itu, Pinterest juga mengajak orang lain di industri untuk melakukan hal sama dan mengakui bahwa tidak ada yang namanya ‘satu ukuran untuk semua.

Penulis: Ai Siti Rahayu

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed