by

Jumat Agung, Tim GEBER Goes ke Arca Domas

Kabar Damai | Sabtu, 03 April 2021

Bogor | kabardamai.id | Ada pepatah mengatakan, jika kita tidak tahu arah mana rute yang harus kita tempuh, minimal kita harus sadar dari mana kita berasal.

Itulah yang menderong komunitas GEBER (gerakan bersepeda untuk keberagaman) melakukan gowes bersama ke destinasi budaya dan religius untuk lebih memahami jejak sejarah leluhur kita pada masa lampau.

Baca Juga : Berbagi Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja, Cara Istiqlal Bertoleransi di Hari Tri Paskah

“Untuk mengisi libur nasional Jumat Agung kami berdelapan melakukan gowes bareng menuju Situs Megalitikum di Tenjolaya Bogor yang sudah berusia sekitar 4000 tahun, ujar Komar, inisiator GEBER.

Teka-teki “Arca Domas”-lah yang mendorong mereka untuk datang ke kompleks Situs Cibalay di kaki Gunung Salak ini.

“Di lokasi ini, kami menemukan kesadaran baru bahwa semua yang sudah kita raih saat ini, bersumber dari akar peradaban yang sudah dibangun oleh para leluhur kita secara bertahap selama ribuan tahun. Maka, upaya untuk menggali dan memahami jejak sejarah dan warisan leluhur kita, merupakan langkah strategis untuk menemukan jati diri, siapa kita yang sesungguhnya, terang Komar.

Guru SMA Al-Izhar ini menambahkan, jika kita kaitkan dengan momentum peringatan wafatnya Isa Al Masih, maka esensinya sama, di mana umat Kristiani di seluruh dunia melakukan refleksi atas warisan peradaban spiritual dan kemanusiaan yang telah diwariskan oleh sang juru selamat Yesus Kristus. [KOM]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed