by

JAI Bantu Korban Banjir di Sintang Melalui Humanity First Indonesia

Kabar Damai I Minggu, 14 November 2021

Sintang I Kabardamai.id I Sebagai provinsi yang dibelah oleh panjangnya Sungai Kapuas membuat keberadaan air di Kalbar begitu besar. Hal ini menjadi berkah dan juga musibah sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Seperti halnya saat ini, bencana banjir telah merendam setidaknya empat kabupaten di Kalbar. Bahkan ketinggian debit air terus bertambah serta secara durasi telah berjalan hingga tiga pekan lamanya. Salah satu dampak banjir terbesar dirasakan oleh Kabupaten Sintang dan telah mengganggu kehidupan masyarakat.

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sintang mengundang simpati dari berbagai pihak. Banjir mengakibatkan ribuan warga kehilangan tempat tinggal. Akses jalan terputus, fasilitas umum seperti gedung pemerintahan dan sekolah juga turut terendam.

Tercatat sebanyak 12 Kecamatan di Kabupaten Sintang terendam banjir dengan ketinggian rata-rata mencapai 1,5 hingga 2 meter. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Humanity First Indonesia (HFIdn) menyediakan berbagai kebutuhan sandang dan pangan bagi korban banjir.  Bantuan ini diharapkan dapat meringankan para korban banjir.

Baca Juga: Langkah Damai Bagi Jamaah Ahmadiyah Indonesia di NTB

Charmain Humanity First Indonesia Kandali Achmad Lubis menyampaikan, HFIdn memberikan bantuan untuk kebutuhan sandang pangan, selain itu HFIdn juga berharap, kesehatan para korban banjir tetap terjaga.

“Bencana banjir tentunya membuat masyarakat juga kesulitan untuk menyiapkan makanan. HFIdn menyiapkan dan menyalurkan ratusan makanan untuk kebutuhan para korban banjir. Selain itu, ke depan HFIdn juga akan membantu di bidang kesehatan sesuai dengan assessment yang telah dilakukan,” ujar Kandali.

HFIdn berharap banjir di Kabupaten Sintang segera dapat teratasi. HFIdn pun mengajak semua pihak untuk bergotong royong membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana banjir tersebut.

“HFIdn perihatin terhadap para korban banjir. Semoga banjir ini segera dapat teratasi,” pungkasnya.

Humanity First Indonesia adalah organisasi non-profit yang sangat aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan seperti penyediaan air bersih untuk daerah sulit air dalam program Water for Life, kegiatan penyuluhan tentangkesadaran akan hidup sehat untuk daerah tertinggal melalui program Health and Medical.

HFIdn senantiasa aktif dalam kegiatan sosial termasuk penanggulangan korban bencana alam di beberapa daerah diantaranya Aceh, Nias, Bantul, Gn. Kidul, Malang, Solo, Wonosobo, Pangandaran, Cianjur, Garut, Bandung, Serang, Samarinda, dan Jakarta.

Adapun jenis bantuan yang kami berikan yaitu membuka posko dapur umum, pelayan kesehatan, posko psikososial, peduli anak yatim, pendidikan, sanitas air, pengadaan air bersih, bantuan sembako, dan kebersihan.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed