by

J. Kristiadi: Ade Armando, Sosok Gigih Memperjuangkan Kebaikan

Kabar Damai | Jumat, 15 April 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Seruan dan solidaritas untuk dosen, aktivis serta pegiat demokrasi Ade Armando terus mengalir dari berbagai pihak pasca peristiwa pengeroyokan yang menimpanya pada 11 April 2022 lalu bersamaan dengan adanya unjuk rasa atas permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia.

Ia dipukuli oleh sekelompok massa, tidak hanya itu ia juga mendapatkan perilaku amoral yang sangat tidak manusiawi karena sembari ditelanjangi dalam aksi pengeroyokan dan pemukulan tersebut.

Tokoh J. Kristiadi dalam kanal Cokro Tv dan Gerakan PIS bersamaan dengan doa bersama dan solidaritas untuk kesembuhan Ade Armando menyampaikan simpati dan dukungannya.

Ia menyatakan betul-betul menyaksikan peristiwa yang menimpa Ade Armando pada tanggal 11 April lalu, setelahnya selama berhari-hari ia mengaku frustasi serta stress melihat Ade Armando sebagai orang yang baik dan yang juga berniat baik datang ke lokasi masa untuk juga menjadi bagian dari penegakan demokrasi justru mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi.

Menurutnya terbersit dalam fikirannya, ia merenung dan kemudian ingat serta mengaitkannya dengan momentum Paskah.

“Bagi Katolik, Paskah adalah moment yang besar sekali dan saya membayangkan Mas Ade yang datang dengan baik dan sopan mendukung justru dilakukan dengan tidak senonoh. Saya ingat bahwa Tuhan Yesus juga mengalami hal serupa dulu, datang dengan baik dan dibunuh oleh bangsanya dari Israel,” ungkapnya.

Secara pribadi, terdapat kemiripan peristiwa yang terjadi pada Ade Armando dengan yang terjadi pada Yesus berabad silam. Dari kepedihannya, terdapat nilai dan tujuan mulia agar masyarakat dapat hidup bersama.

Melihat banyak hal yang telah dilakukan Ade Armando dalam konsistensinya mendorong dan menciptakan iklim Indonesia yang baik. J. Kristiadi mengungkapkan bahwa Ade Armando adalah bagian dari Indonesia yang sangat penting keberadaannya saat ini.

Baca Juga: Doa Lintas Agama dan Solidaritas Untuk Ade Armando

“Dari peristiwa ini kita menjadi semakin tahu bahwa Mas Ade adalah bagian yang sangat penting dalam bagian kehidupan masyarakat Indonesia. Dimana dari banyak permasalahan dan sebagian besar hanya berdiam diri tapi dia mau membuka hati dan menggedor keberanian masyarakat yang belum berani berpendapat,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam penyampaiannya tersebut pula ia mengungkapkan bahwa saat ini Ade Armando secara fisik boleh jadi saat ini tengah sengsara, namun ia meyakini bahwa apa yang terjadi kini akan menjadi pupuk dan menumbuhkan keberanian bagi lebih banyak masyarakat untuk menegakkan nilai-nilai kebersamaan dan menegakkan kehidupan yang berbeda serta menjadikan sesuatu yang betul-betul memperkuat banyak kalangan.

Darisana pula, menurutnya belajar dari Ade Armando adalah hal yang baik dalam rangka untuk terus gigih dalam memperjuangkan hal baik.

“Kita dapat belajar dari Ade Armando, yang diperlakukan secara keji dan dipermalukan seperti itu namun tetap mau berjuang dengan tulus dan gigih untuk hal-hal baik,” tuturnya.

Terakhir, ia berdoa kepada Tuhan-Nya demi kesembuhan Ade Armando, ia berharap Ade Armando dapat segera pulih dan dapat beraktivitas serta berjuang dalam kebaikan, menciptakan iklim Indonesia yang baik dan bermartabat pula kedepan.

Penulis: Rio Pratama

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed