by

Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia saat Pandemi

Kabar Damai I Sabtu, 10 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Indonesia dinobatkan jadi negara paling dermawan di dunia saat pandemi Covid-19 oleh Charities Aid Foundation (CAF). Yayasan amal ini setiap tahunnya membuat daftar negara di di dunia dengan masyarakat paling dermawan.

Dalam laporannya yang dikutip suara.com,  tentang CAF World Giving Index 2021, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. CAF juga meneliti dampak Covid-19 terhadap tingkat dermawan masyarakat yang diambil dari survei tahun 2020 silam.

Terdapat tiga komponen penilaian dalam laporan ini. Penilaian itu diantaranya kesukarelaan menolong orang asing, yayasan amal hingga menjadi sukarelawan di suatu lembaga swadaya masyarakat.

Baca Juga: Meningkatnya Solidaritas Warga Kala Pandemi Kian Mengganas

Laporan tersebut melibatkan 1,6 juta orang dari berbagai negara. Indonesia memiliki poin 65 untuk memberi bantuan pada orang asing, 83 untuk donasi, dan 60 untuk keterlibatan menjadi sukarelawan.

Total rata-rata skor yang diterima Indonesia adalah 69 persen. Itu merupakan angka tertinggi dibandingkan capaian negara lainnya.

“Pandemi yang terjadi tahun ini menghasilkan laporan yang berbeda dan memperlihatkan betapa besarnya pengaruh dari Covid-19. Tak sedikit orang yang membantu orang asing di seluruh dunia yang terdampak,” ungkap Manager Riset CAF, Catherine Mahoney.

Berdasarkan temuan CAF, 8 dari 10 orang Indonesia berdonasi di tahun ini. Tingkat kesukarelawanan di Indonesia pun terbilang ltinggi karena mencapai tiga kali lipat dari rata-rata global.

Laporan World Giving Index menyediakan gambaran aktivitas amal (kedermawanan) di seluruh dunia dengan melihat tiga aspek aktivitas memberi, yakni membantu orang asing, donasi untuk amal, dan menjadi sukarelawan sebuah organisasi.

Laporan melibatkan hasil wawancara sebanyak 1,6 juta orang di berbagai negara. Dilihat dari ketiga aspek ini, Indonesia memiliki poin 65 untuk memberi bantuan pada orang asing, 83 untuk donasi, dan 60 untuk keterlibatan menjadi sukarelawan. Kemudian rata-rata total skor sebanyak 69.

Zakat yang dipraktikkan secara luas di Indonesia menjadi salah satu pendorongnya. Pada 2020, dilaporkan bahwa dana yang masuk melalui zakat terbilang tinggi karena respons terhadap pandemi.

10 Negara Paling Dermawan

Berikut daftar 10 negara paling dermawan di dunia tahun 2021 yang diungkap oleh CAF:

  1. Indonesia (69 persen)
  2. Kenya (58 persen)
  3. Nigeria (52 persen)
  4. Myanmar (51 persen)
  5. Australia (49 persen)
  6. Ghana (47 persen)
  7. Selandia Baru (47 persen)
  8. Uganda (46 persen)
  9. Kosovo (46 persen)
  10. Thailand (46 persen)

Kabar ini tentu menjadi sebuah kabar yang cukup baik bagi Indonesia. Meskipun pandemi Covid-19 berdampak besar bagi perekonomian, banyak warga yang masih berkenan untuk membantu satu sama lain.

Melihat daftar lengkap di atas, hanya ada dua negara pertama (Australia dan Selandia Baru) yang ada di dalam daftar tersebut. Sisanya didominasi oleh negara Afrika dan Asia Tenggara, yang terbilang memiliki pendapatan per kapital yang tak sebesar negara dunia pertama.

Hal itu sekaligus menjelaskan, bahwa tak perlu uang banyak dan kekayaan berlimpah untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Sementara itu, ada pula 10 negara paling ‘tidak dermawan’. Negara-negara ini memiliki skor kedermawanan yang paling rendah

Dalam daftar ini, Amerika Serikat (AS), yang biasanya menghuni peringkat 5, harus puasa hanya berada di peringkat 19 pada tahun ini.

Berikut 10 besar negara dengan skor kedermawanan terendah.

  1. Jepang – 12 2.
  2. Portugal – 20 3.
  3. Belgia – 21 4.
  4. Italia – 22 5.
  5. Korea Selatan – 22 6.
  6. Maroko – 23 7.
  7. Lebanon – 24 8.
  8. Pakistan – 25 9.
  9. Prancis – 25 10.
  10. Latvia – 25

[suara.com/cnn indonesia/detikcom]

 

Editor: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed