by

Iman yang Berkemenangan

Oleh: Pdt. Margaritha M.A. Mundung (Sekum Gereja Kristen Maranatha Indonesia/GKMI)

“Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” (1 Yohanes 5:4)

Pemirsa Mimbar Kristen Kementerian Agama serta seluruh umat Kristen di seluruh Indonesia. Mimbar Kristen hari ini mengulas pesan Tuhan, bahwa lewat iman kita sebagai orang percaya, maka kita akan meraih kemenangan, mengalahkan dunia ini.

Betapa penting iman bagi orang percaya. Sebab, tanpa iman tidak mungkin orang itu berkenan kepada Allah. Dan kita tahu bahwa waktunya Tuhan semakin dekat dan ketika Tuhan datang adakah Ia mendapati iman di bumi.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Hari ini Firman Tuhan menegaskan bahwa semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia. Dunia di sini berbicara tentang keinginan daging, berbicara tentang keinginan mata, berbicara tentang keangkuhan hidup. Tetapi Firman Tuhan mengatakan bahwa sebagai orang pilihan Allah, kita akan mengalahkan dunia ini. Kita akan meraih kemenangan-kemenangan yang Tuhan anugerahkan di dalam kehidupan kita.

Oleh sebab itu, terhadap semua rancangan-rancangan dunia yang akan menghancurkan kehidupan orang percaya, kita tidak perlu kuatir dan takut. Sebab, kita percaya bahwa semua adalah milik Allah. Kita ini lahir dari Allah. Siapa yang lahir dari Allah, dia percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, Dia percaya bahwa Yesus Kristus adalah anak Allah, yang senantiasa menjamin kehidupan. Apapun situasi keadaan dunia ini, yang coba-coba melemahkan kehidupan orang percaya, kita yakin bahwa kita akan meraih kemenangan bersama dengan Tuhan, haleluya!

Baca Juga: Pendidikan Agama Bukan Hanya tentang Keimanan

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk membuktikan bahwa iman kita sebagai orang percaya itu akan berhasil menghasilkan kemenangan. Pertama, percaya kepada Yesus Kristus yang adalah Tuhan. Percaya kepada Yesus Kristus yang adalah Anak Allah. Percaya kepada Yesus Kristus yang sanggup menjamin apapun yang kita butuhkan. Firman Tuhan berkata: “Dia akan memenuhi segala keperluanmu.”

Kedua, menuruti segala perintah-perintah Tuhan. Perintah-perintah Tuhan itu tidak berat. Perintah-perintah Tuhan itu tidak sulit untuk dilakukan. Sebagai orang percaya, perintah Tuhan itu menjadi sulit karena cara kita, karena sikap kita, karena kehidupan kita yang tidak mampu menunjukkan kehidupan sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus. Oleh sebab itu, turuti perintah Tuhan.

Ketiga, hendaklah kita hidup berkenan di hadapan Tuhan. Ketiga hal ini yang akan mendorong kita, membantu kita untuk membuktikan sampai di mana iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus, untuk membuktikan bahwa iman kita kepada Yesus Kristus sangat luar biasa dan akan menghasilkan kemenangan dalam kehidupan kita. Lewat kemenangan itu, kemuliaan Tuhan akan dinyatakan.

Apa saja yang kita minta, Yesus Kristus sebagai Anak Allah pasti akan memberikan. Apa yang kita butuhkan, apa yang kita inginkan, apa yang kita rindukan, Yesus Kristus sanggup memberikan semua itu. Kita akan dijadikan sebagai umat pemenang bahkan umat lebih dari pemenang, haleluya, haleluya. Terpujilah Tuhan Yesus Kristus.

 

Pdt. Margaritha M.A. Mundung (Sinode Gereja Kristen Maranatha Indonesia)

Sumber: https://kemenag.go.id/read/iman-yang-berkemenangan-gmndj

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed