by

Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Agama Hindu

Kabar Damai | Rabu, 18 Mei 2022
Lombok Barat I Kabardamai.id I  I Wayan Sutama dalam program Pelita Dharma Bimas Hindu memaparkan bagaimana ilmu pengetahuan sangatlah penting seiring dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia.
 
Ia menuturkan bahwa perkembangan zaman yang terjadi saat ini merupakan sebuah fenomena yang luar biasa. Hal ini merupakan bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Perkembangan Iptek dalam berbagai bidang dan perspektif dalam perkembangan global yang membuat kehidupan dunia semakin praktis dan mudah.
Dalam Manawa Dharma Shastra Sargah V Sloka 109 dinyatakan Adhbhir Gatrani Suddhyanti, Manah Satyana Suddhyati, Widyatapobhyam bhutatma, Bhuddhir jnanena suddyati yang artinya ‘Tubuh dibersihkan dengan air, pikiran disucikan dengan kebenaran atau kejujuran, jiwa/atman dengan pelajaran suci dan tapa brata, kecerdasan/budhi dengan pengetahuan yang benar,’.
Dalam sloka tersebut, kata dia, sangatlah jelas dinyatakan bahwa kecerdasan dan budi hanya dapat dibersihkan dengan ilmu pengetahuan sehingga menuntut ilmu haruslah senantiasa dilakukan dengan setinggi-tingginya sebagai tuntunan dalam kehidupan yang serba dinamis seperti saat ini.
Sloka lain juga memberikan penguatan bahwa hanyapah dengan ilmu pengetahuan, manusia akan mampu membuat dirinya menjadi lebih baik dan mampu membuat dirinya keluar dari kesengsaraan baik yang sifatnya rohani juga yang sifatnya materi.
“Dengan penguasaan ilmu pengetahuan, kita akan mampu menjadi pribadi yang memiliki karakter dan bisa dipercaya oleh semua orang dan dengan ilmu pengetahuan yang benar yang akan mampu mencapai cita-cita yang diinginkan,” tuturnya.
Ia juga menjelaskan, ada dua jenis ilmu pengetahuan yang harus diperoleh oleh umat manusia. Pertama berhubungan dengan dunia jasmani dan kedua berhubungan dunia rohani. Kedua hal ini harus dikuasai secara seimbang, hal ini karena apabila dikuasai satu saja dapat dikhawatirkan menjadi perangkap dalam kehidupan.
“Demikian pentingnya ilmu pengetahuan sehingga sebagai umat Hindu maka tidak boleh berhenti belajar, tidak boleh berhenti menuntut ilmu. Ilmu sangat banyak bertebaran dimana-mana dan sumbernya dapat diakses dengan kemajuan IPTEK yang luar biasa. Oleh karenanya, jangan berhenti belajar dan jangan berhenti menuntut ilmu,” pungkasnya.
Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed