by

ICRP Peduli Salurkan Bantuan Kitab Suci Lintas Agama untuk Korban Bencana Siklon Tropis Seroja NTT

Kabar Damai I Senin, 7 Juni 2021

Jakarta I kabardamai.id I Kontribusi dalam pembangunan akhlak mulia serta pemulihan batin  melalui donasi kitab suci dipilih oleh Indonesian Conference  on Religion and Peace (ICRP) Peduli untuk membantu masyarakat lintas agama terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur. Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif ICRP, Frangky Tampubolon.

“Tujuan kami memberikan donasi kitab suci lintas agama untuk bencana NTT adalah dengan harapan, selain pemulihan secara fisik bagi korban, tapi juga dengan dibantu dengan kitab suci lintas agama semua umat beragama di daerah terdampak bencana dapat merasakan pemulihan secara batin juga,” ujar Frangky dalam wawancaranya di kantor ICRP, Selasa (1/6/2021).

ICRP Peduli telah mengirimkan beragam kitab suci untuk daerah yang terdampak bencana. Kitab suci yang disalukan sejumlah 500 Al-Qur’an dari Yayasan Muslim Sinar Mas, 500 Alkitab dari Kabten Boedi Suhardi, 100 Alkitab dari Penerbit Andi Jogja, dan 50 Kitab Dhammapada dari Shangha Theravada.

Indra Effendy, Ketua Majelis Agama Budha Tervada Indonesia provinsi NTT juga mengucapkan terimakasihnya atas kepedulian ICRP memalaui donasi kitab suci pada satu-satunya vihara di Kota Kupang tersebut.

“Terimakasih hari ini temanteman dari kompak sudah mengunjungi kami di vihara satu satunya di Kota Kupang dalam rangka memberikan bantuan buku Dhammapada yang ada di Kota Kupang. Kami sangat berterimakasih atas bantuan buku ini dari ICRP dan teman-teman kompak yang sudah mendistribusikannya kepada kami yang ada disini. Semoga niat baik ini bisa berarti bagi kita semua, bukan hanya bagi umat Buddha tapi juga untuk semua umat beragama lainnya. Semoga semua makhluk berbahagia,” Ujar Indra.

Baca Juga: Berikan Senyuman Bagi Anak Indonesia Sambut Hari Nan Fitri, ICRP Peduli Berbagi Parsel Lebaran

Selain itu H. Abdulkadir Makarim Ketua MUI NTT, yang pendiri pensantren nun baun sabu juga ikut mengucapkan rasa syukur atas donasi Alquran,  “Terimakasih kepada ICRP, atas bantuan Al-qur’annya harapan saya adalah semoga dengan distribusi Al-quran ini dapat dipergunakan untuk kebaikan. ”

Sejalan dengan Abdulkadir, Hariyanto Pinto, pengurus Mushola Al Hijrah Kelurahan Merdeka, Kupang Timur juga berterimakasih atas kepedulian ICRP, “Allhamdulilah hirobilalamain. Terimakasih atas kedatangan ICRP dan kompak, mungkin dari Majelis Taklim kami semoga dengan kebaikannya berbagi kitab suci dapat menjad rahmat, semoga menjadi ladang amal ibada dan amal jariyah di akhir nanti.”

Untuk agama Kristen, ICRP Peduli juga mengirimkan donasi Alkitab yang disalurkan kepada Pdt Kornelis Balole Gereja Fatukoa,.

“Benar sekali bahwa bencana ini memberikan damak yang cukup esar termasuk kehilangan kitab suci, dengan adanya donasi ini kami bersyukur karena teryata masih ada yang peduli dengan kebuuhan spiritual masyarakat terdampak bencana, terimakasih ICRP,” terang Kornelis.

Pembagian Kitab Suci Ke Gereja, Masjid, Rumah Qur’an , Musollah ini disalurkan oleh ICRP ke Kota Kupang dengan bantuan Komunitas Peace Maker Kota Kupang (Kompak). Retthy Benu pemuda Kristen Pengurus Kompak juga mengungkapkan rasa senangnya dapat berbagi kitab suci untuk masyarakat yang membuthkan secara lintas agama.

“Perasaan Saya Campur aduk , Haru , bahagia, Gembira Asyik dan masih banyak Lagi. Ada Para pengurus Rumah ibadah yang kaget atas kedatangan kami, ada yang sudah mempersiapkan diri dengan Baik . Senang Ya Saya Beragama Kristen membagikan AL-Quran kepada saudara yang muslim dan mereka terima dengan sukacita tanpa bertanya agama saya apa,” ungkap Retthy.

Lalu Retthy menyambung cerita tentang respon tokoh agama yang sangat baik dan luarbiasa ada yang semua mengucapakn terimakasih diiringi doa agar tuhan memberkati ICRP dan Kompak.

ICRP Peduli juga mendirikan dapur umum di tempat bencana, Jumlah donasi yang disalurkan untuk Posko 1, Kampuang Amanuban, Kupang, Nusa Tenggara Timur, sebanyak 50.000.000 rupiah. Sebelumnya ICRP juga telah memberikan donasi untuk minoritas terdampak bencana melalui IMOF komunitas LGBT di NTT. Selain itu ICRP peduli juga telah berbagi makanan untuk buka puas abagi kaum Dhuafa.

Selain itu, ICRP Peduli, kemudian dengan inisiatif membuat gerakan menyalurkan donasi ponsel kepada pelajar Indonesia yang membutuhkan. Donasi ini didapatkan dari penggalangan dana lukisan, untuk memfasilitasi kegiatan belajar anak bangsa.

Ponsel yang telah disalurkan kepada pelajar yang membutuhkan sejumlah 56 buah disalurkan ke daerah Kalimantan Barat, Medan, Jepara, Bekasi dan Jakarta, semoga dengan donasi ini pendidikan tak padam di tengah pandemic.

 

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed