by

Peringatan Hari Pramuka, Jokowi: Pramuka Indonesia Harus Jadi Pelopor Kedisiplinan

Kabar Damai I Minggu, 15 Agustus 2021

Bogor I Kabardamai.id I Pandemi Covid-19 telah memasuki tahun kedua, banyak hal yang harus disesuaikan dalam rangka menghindari terjangkitnya wabah virus yang berbahaya ini. Termasuk dengan perayaan hari pramuka ditahun 2021. Perayaan kali ini adalah kali kedua dirayakan dengan kesederhanaan karena masih dalam masa pandemi.

“Tahun ini untuk kedua kalinya kita memperingati hari pramuka dalam suasana pandemi, biasanya hari pramuka dirayakan dengan upacara di lapangan diikuti lengkap dari SAKA dan anggota pramuka yang berbaris rapi,”.

“Tahun ini, kita lakukan secara virtual mengikuti upacara dari tempat masing-masing dengan jumlah peserta dibatasi, disiplin menaati protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari covid-19,” ungkap Jokowidodo dalam pidatonya. Sabtu, (14/8/2021).

Ia juga turut memberikan apresiasi kepada seluruh anggota pramuka karena telah ikut andil dalam menangani pandemic.

“Saya mengucapkan terima kasih pada seluruh anggota pramuka diseluruh tanah air karena selama pandemi ini pramuka bahu membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi dilingkungannya masing-masing,”.

“Inilah jiwa pramuka sejati yang tertuang dalam  Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma pramuka. Terpanggil, rela berkorban untuk sesama tanpa melihat perbedaan, suku, agama dan golongan,” jelasnya.

Menurut Jokowi, pramuka  Indonesia harus menjadi contoh, menjadi teladan, tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu, meringankan beban keluarga, saudara dan tetangga-tetangga yang terdampak covid.

Pramuka Indonesia juga harus menjadi pelopor kedisipinan terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin mencuci tangan disetiap saat dan disiplin untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga: Rayakan Hari Remaja Internasional 2021 dengan Berani Bersuara Memperjuangkan Hak Bersama

Lebih jauh, ungkapnya pramuka Indonesia harus berada dibarisan terdepan melindungi diri dan teman-teman serta keluarga yang disayangi.

“Jika ada yang tidak mematuhi prokes maka diingatkan, beri penjelasan, dan pengertian. Jika ada yang diatas 12 tahun belum divaksin ajaklah untuk vaksin, karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisiplinan mematuhi prokse dan percepatan vaksinansi untuk mencapai kekebalan komunal,” tuturnya.

Sebelum menutup pidatonya, Jokowi berpesan agar anggota pramuka terus maju dan dapat mengikuti perkembangan zaman.

“Untuk semua anggota pramuka Indonesia, giatlah belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik,” harapnya.

Terakhir, ia juga berharap agar anggota pramuka selalu bangga pada identitas bangsa, membangun identitas kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai pancasila yang sejati, menjaga NKRI dan juga merawat kebinekaan.

“Pramuka Indonesia harus selalu optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan  Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed