by

Hari Remaja Internasional 2021: Seruan Ciptakan Inovasi Pangan

Kabar Damai I Jumat, 13 Agustus 2021

Jakarta I kabardamai.id I Kamis, 12 Agustus 2021 diperingati sebagai Hari Remaja Internasional atau International Youth Day. Peringatan ini bermula dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth pada 1998.

Pada tahun ini, tema Hari Pemuda Internasional adalah Transformasi Sistem Pangan: Inovasi Pemuda untuk Kesehatan Manusia dan Planet (Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Health). Melalui tema ini, pemuda di seluruh dunia diajak untuk berkontribusi menciptakan inovasi dalam sistem makanan.

Tema ini diangkat dari hasil rekomendasi pertemuan pemuda di ECOSOC Youth Forum (EYF) 2021.

“Melalui pendidikan, keterlibatan, inovasi, dan solusi kewirausahaan pemuda, Hari Pemuda Internasional tahun ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi kaum muda untuk melanjutkan momentum dari EYF menjelang KTT Sistem Pangan tingkat tinggi,” tulis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di situs resmi mereka mengenai Hari Pemuda Internasional.

Sistem pangan merupakan salah satu isu penting yang disorot dalam beberapa tahun terakhir. Dengan populasi manusia yang terus meningkat, diperkirakan bertambah 2 miliar dalam 30 tahun ke depan, kebutuhan makanan juga akan meningkat.

Namun, produksi makanan yang ada saat ini dinilai belum menjamin kesejahteraan manusia, keanekaragaman hayati, dan keselamatan planet Bumi.

“Telah diakui oleh banyak pemangku kepentingan bahwa hanya memproduksi lebih banyak makanan sehat secara berkelanjutan tidak akan menjamin kesejahteraan manusia dan planet,” kata PBB.

Menurut PBB, pemuda memiliki peran penting dalam transformasi sistem pangan yang berkelanjutan, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: Generasi NTT Bergerak Lewat Gerakan NTT Muda

Di masa pandemi ini, PBB menyoroti banyak inovasi penting dari pemuda yang membantu dalam penanganan Covid-19.

“Peran pemerintah, organisasi pemuda, dan kelompok masyarakat sangat penting untuk memastikan penyebaran informasi kesehatan. Pemuda juga memanfaatkan teknologi online untuk menyebarkan informasi kesehatan. Inovasi pemuda untuk Covid-19 juga berdatangan dari seluruh dunia,” terang PBB.

Sejarah Hari Remaja Internasional

Melansir dari laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejarahnya bermula dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diselenggarakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998. Majelis Umum PBB pun mengesahkan 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999.

Kegiatan informasi publik direkomendasikan untuk dilaksanakan demi mendukung peringatan Hari Remaja Internasional, yang juga bertujuan mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda, yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 50/181 pada tahun 1995.

Dalam Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan, disebutkan adanya kebutuhan untuk melibatkan para pembangun perdamaian muda dalam mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme, dan dengan jelas memposisikan pemuda sebagai mitra penting dalam menemukan solusi berbagai permasalahan para kaum muda saat ini.

Beberapa tahun yang lalu tema-tema Hari perayaan Remaja internasional adalah:

1.Tahun 2014 Pemuda dan Kesehatan Mental

2.Tahun 2015 Youth and Civic Engagement

3.Tahun 2016 Jalan Menuju 2030: Pengentasan Kemiskinan dan Mewujudkan Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan

4.Tahum 2017 Youth and Building Place

5.Tahun 2018 Ruang Aman bagi Anak Muda

6.Tahun 2019 Transformasi Pendidikan Bagi Anak Muda

7.Tahun 2020 Keterlibatan Remaja untuk Aksi Global

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed