by

Generasi NTT Bergerak Lewat Gerakan NTT Muda

Kabar Damai I Senin, 09 Agustus 2021

Jakarta I Kabardamai.id I Ditangan anak muda, gerakan perubahan perlahan jadi nyata. Meski tampaknya seoalh tak bergerak dan tak ada harapan, tetapi semangat muda menembus itu semua. NTT Muda, gerakan anak muda du NTT yang  berada diberbagai wilayah di Indonesia untuk membangun daerahnya. Mereka yakin, kontribusi sekecil apapun dapat membuat perubahan.

Di Radio Katolikana, Stela Nau yang merupakan founder NTT Muda menceritakan tentang gerakan anak muda untuk perubahan positif ini.

Stela Nau mengungkapkan bahwa NTT Muda adalah network organization yang dibangunnya baik bersama anak muda NTT dan non NTT pada tahun 2018 untuk menjadi wadah anak muda NTT agar dapat belajar, baik studi maupun mencari backround pekerjaan yang dapat menjadi pekerjaan alternatif yang ada di NTT. Gerakan ini lebih pada informasi pendidikan, pekerjaan dan juga softskill.

NTT dipilih selain karena alasan pribadi yaitu latar belakang keturunan Stela juga karena NTT secara pendidikan juga masih dapat dikatakan terbelakang. Oleh karenanya, Stela melalui platform dan juga jaringan serta memanfaatkan perkembangan zaman dan teknologi menggunakan NTT Muda ini berupaya menciptakan kemajuan pada NTT selanjutnya.

Membangun NTT menjadi cita-cita gerakan ini, menariknya gerakan ini tidak hanya dibangun oleh mereka yang asli dari NTT namun juga non NTT.

Baca Juga: Kolaborasi Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Tingkatkan Kualitas Pendidikan di NTT

“NTT Muda dibangun oleh anak-anak muda NTT dan non NTT yang hingga kini masih konsisten menggerakkan organisasi dan menjadi wadah penyaluran informasi serta softskil bagi para anggotanya,” ungkapnya.

Gerakan NTT Muda tidak bekerja sendiri, dalam mencapai tujuannya gerakan ini turut berkolaboasi tidak hanya dari pusat pemerintahan namun juga pemerintah daerah dan bahkan komunitas lokal yang ada disana.

“Kita nggak mungkin bisa bergerak sendiri, kita butuh stakeholder untuk mencapai misi yang diinginkan supaya orang tau talenta muda anak-anak NTT dan anak-anak NTT juga tahu bagaimana mengembangkan talenta kedepan. Selain berkunjung ke sekolah, kita juga melakukan advokasi ke pemerintah,” tambahnya.

NTT Muda sangatlah terbuka, selain kolaborasi dari lokal NTT, gerakan ini juga membuka kolaborasi kepada non NTT dalam terlibat membangun NTT terutama generasi mudanya. Apapun yang ingin dibagikan, NTT Muda terbuka dan biasanya akan diajak berkolaborasi dengan organisasi yang lain.

“Biasanya kita mengundang teman-teman yang punya skill organisasi atau yang punya skill dibidang public speaking, negosiasi atau yang memahami hal sederhana membuat CV, cara membuat motivation letter, cara membuat konten menarik dan sebagainya,” jelasnya.

Bagi anak muda NTT yang ingin bergabung atau ingin berkolaborasi, menurut Stela dapat dilakukan dengan menghubungi media sosial pada akun @nttmuda. Lebih dari itu, menurut Stela, untuk dapat memberikan dampak yang baik bagi daerah anak-anak muda NTT juga dapat melakukan gerakan sendiri yang dapat memberikan dampak baik bagi NTT sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan gerakan yang dapat dilakukan.

“Jangan pernah membatasi diri, kalau kalian mau banyak membaca dan berkenalan dengan orang pasti akan selalu ada ide yang dapat diimplementasikan didarah masing-masing,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed