by

Edukasi Masyarakat Cinta Lingkungan Melalui Penggunaan Tas Bahan Kain

Kabar Damai | Selasa, 26 Juli 2022

Sanggau I Kabardamai.id I Di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (Kalbar) digelar kegiatan kampanye mengurangi penggunaan plastik belanja sekali pakai. Sebagai upaya edukasi pada masyarakat tentang dampak negatif sampah plastik bagi lingkungan.

Kampanye mengurangi penggunaan plastik ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang semakin hari semakin tercemar akibat penggunaan plastik yang tidak terkontrol.

“Karena kami melihat masyarakat seperti ketergantungan dengan penggunaan plastik. Jadi kegiatan upaya kita untuk mengedukasi masyarakat,” ucap Ansarudin saat dikonfirmasi pada Minggu pagi (24/7/2022).

Ansar juga menambahkan, selain mensosialisasikan terkait dampak negatif dari penggunaan sampah plastik yang tidak terkontrol. Para pelaksana kegiatan di Sanggau juga membagikan tas belanja berbahan kain sebagai salah satu alternatif wadah barang belanjaan selain kantong plastik.

“Selain sosialisasi terkait mengurangi pengggunaan kantong plastik sebagai wadah belanjaan, kita juga membagikan tas belanja bahan kain sebagai opsi selain menggunakan plastik. Tujuannya untuk mengurangi sampah plastik di Kota Sanggau umumnya, Kecamatan Kapuas khususnya,” ungkapnya.

Target utama kampanye mengurangi sampah kantong plastik, yaitu kepada ibu-ibu. Mengingat sampah plastik ini paling sering berasal dari sampah rumah tangga, yang mana para ibu lah yang mengatur segala kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Kepala Kemenag Sanggau : Intoleransi Bukan Watak Orang Sanggau

“Kegiatan ini sengaja kita lakukan di pasar tradisional karena target kampanye kita memang para ibu rumah tangga, mengingat yang sering belanja itu ibu-ibu,” katanya.

Koordinator Wilayah Kalimantan Barat Steper Vijaye mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh rekan-rekan relawan di Kabupaten Sanggau. Menurutnya, upaya seperti inilah yang harus dilakukan para anak-anak muda mereka harus peka terhadap permasalahan yang ada dimasyarakat.

Vijaye juga menambahkan, bahwasanya tidak harus berpolitik dengan selalu menebar janji manis. Tapi yang paling penting menurutnya berpolitik itu harus mampu melihat permasalahan yang ada serta mampu menjadi bagian untuk menawarkan solusi.

“Yang dilakukan rekan-rekan relawan di sanggau itu bagus, walaupun sepele nampak tapi itu lah realita masalah yang kita hadapi saat ini iterkait lingkungan. Kami berpolitik sekarang ini tanpa basa-basi, kita langsung turun melihat masalah dimasyarakat dan kita tawarkan solusi,” katanya saat dikonfirmasi pada minggu siang 24/7/2022.

Menurut Steper Vijaye kegiatan yang dilakukan oleh relawan di Sanggau merupakan kegiatan yang sudah diprogram oleh koordinator daerah untuk jangka waktu satu bulan. Setiap minggu para relawan rutin menggelar kegiatan yang menyentuh permasalahan di masyarakat.

“Kegiatan nya sudah disusun untuk satu bulan, jadi kawan relawan setiap satu minggu sekali pasti melakukan kegiatan yang menjawab problem yang ada di masyarakat”, ujarnya

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed