by

Dorong Literasi Digital Masyarakat, Kominfo Gelar Netizen Fair 2021

Kabar Damai I Senin, 22 Novmber 2021

Jakarta I kabardamai.id I Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) dan GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional dengan menyasar 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu, Kecakapan Digital; Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.
Di penghujung tahun, Kementerian Kominfo akan menggelar puncak acara Literasi Digital ‘Netizen Fair 2021’ pada 23-24 November 2021. Acara ini akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong persiapan sumber daya manusia talenta digital sekaligus mencegah dampak transformasi digital. Pasalnya, inovasi teknologi digital yang tengah berkembang masif dan pesat berdampak terhadap perubahan besar di berbagai bidang.

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip dari detik.com, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Mencegah Radikalisme dengan Budaya Literasi

Lebih lanjut Semuel menyampaikan program literasi digital juga bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital. Program ini juga dihadirkan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Literasi Digital Indonesia

Indonesia saat ini menempati peringkat ke-56 dari 63 negara yang dilakukan survei. Hal ini memang sedikit terbelakang, namun jika dilihat dari ITU (International Telecommunication Union), Indonesia berada di perangkat 111 dari sebelumnya peringkat 115.

Dalam hal ini, Pemerintah terus memperkuat gerakan-gerakan literasi di Indonesia agar dapat mengejar dan mendekati negara-negara tetangga. Sebab, literasi digital merupakan basic digital skill ketika masyarakat Indonesia ingin mengetahui dan ingin meningkatkan kecakapannya untuk menggunakan ruang digital.

Indeks digital Indonesia

Tidak hanya peningkatan peringkat literasi digital, namun dalam Survei Literasi Digital Nasional 2020 juga menunjukkan indeks literasi digital di seluruh provinsi di Indonesia sudah berada di atas rata-rata level sedang.

Subindeks 1 Informasi dan Literasi Data sebesar 3,17; Subindeks 2 Komunikasi dan Kolaborasi sebesar 3,38; Subindeks 3 Keamanan sebesar 3,66; subindeks 4 Kemampuan Teknologi sebesar 3,66.

Tantangan Besar Indonesia

Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam literasi digital di Indonesia yaitu tersedianya ruang digital yang semakin intensif dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Mengutip hasil Survei APJII, terdapat 196,71 juta pengguna internet di Indonesia atau 73,7% dari total penduduk. Hal ini menunjukkan ada lompatan pengguna internet dan media sosial di Indonesia. Artinya, Indonesia semakin intensif menggunakan ruang digital yang ada.

Guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, Netizen Fair akan menghadirkan berbagai kegiatan rutin. Dalam kegiatan tersebut, nantinya akan ada talkshow ‘Ngobrolin Literasi Digital’ yang membahas empat Pilar Literasi Digital dan isu terkini mengenai teknologi digital.

Tidak hanya itu, akan ada pelatihan dan kelas bertajuk ‘Netizen Talks’ yang mengulas pemanfaatan teknologi digital secara lebih mendalam. Hal ini meliputi pembuatan konten yang menarik, tips dan trik membuat podcast, hingga kelas animasi.

Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya di bidang literasi digital, seperti gubernur, wali kota, dan Kepala Diskominfo di masing-masing kota.

Hadir pula pegiat-pegiat literasi digital seperti Yosi Mokalu, Ndoro Kakung, Novi Kurnia, hingga berbagai Key Opinion Leader di setiap kota dan lain sebagainya. Acara ini akan dimeriahkan pula oleh penampilan berbagai band dan artis nasional.

Sebagai informasi, Netizen Fair 2021 merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar kegiatan ini melalui event.literasidigital.id. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. [detik.com/kominfo.go.id]

Editor: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed