by

DMI: Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid Harus Elegan

Kabar Damai | Minggu, 25 April 2021

Jakarta | kabardamai.id | Artis Zaskia Adya Mecca mengkritik cara orang membangunkan sahur menggunakan toa masjid dengan berteriak. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruquthni mengingatkan bahwa semestinya membangunkan sahur dilakukan dengan cara religius dan elegan.

“Cara membangunkan sahur (pakai toa) itu harus religius cara membangunkannya, kan sahur ini ritual makan yang religius. Elegan juga,” kata Imam Addaruquthni saat dihubungi detikcom, Jumat (23/4/2021).

Selain itu, Imam Addaruquthni menjelaskan soal tadarus pada malam hari. Dia mengingatkan bahwa kegiatan tadarus harus mempertimbangkan masa istirahat warga di sekitar masjid.

“Untuk tadarus malam dengan penggunaan speaker harus mempertimbangkan masa istirahat yang padat bagi penghuni sekitar masjid,” ungkapnya, seperti dikutip detikcom.

Imam menjelaskan bahwa DMI telah menerbitkan surat edaran terkait penggunaan toa masjid saat bulan Ramadhan. Salah satunya agar suara toa masjid menjadi berbenturan dan memicu kegaduhan.

“DMI dalam surat edarannya sebelum puasa itu para penyelenggara masjid dalam hal ini para takmir dan DKM ada baiknya bermusyawarah dengan takmir di masjid terdekat. Apalagi di Jakarta ini, masjid dekat-dekat. Jadi ada benturan suara. Ini untuk menciptakan keheningan, bukan kegaduhan. Bukan tanpa suara,” jelasnya.

Baca Juga : Bergesernya Pemahaman Agama di Era Google

Berikut ini petikan aturan terkait tata kelola loudspeaker (toa) yang tertuang dalam Surat Edaran 041/SEM/PP-DMI/A/III/2021:

9. Tadarus/tilawatil Al-Quran lewat loudspeaker perlu mempertimbangkan waktu istirahat penghuni sekitar masjid
10. Tata kelola suara loudspeaker masjid yang baik: jelas, jernih, tidak bising dan berkoordinasi dengan Takmir/DKM masjid yang berdekatan untuk saling menjaga suara yang nyaman bagi para pendengar.

Sebelumnya, Zaskia Adya Mecca mengkritik cara orang membangunkan sahur dengan toa masjid. Menurutnya, membangunkan sahur harus etis.

“Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!” tulis Zaskia Adya Mecca dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed