Diskusi Inspiratif PKPLA Makassar, Menyemai Semangat Buya Syafii Maarif

Kabar Utama123 Views

Makassar | Kabardamai.id | Direktur Indonesian Conference and Religion and Peace, Frenki Tampubolon memantik diskusi PKPLA Kota Makassar dengan meneladani tokoh Buya Syafii Maarif, Kamis sore (12/10). Diskusi tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara PKPLA pada hari kedua di Pantai Galesong Takalar.

Frenki menyoroti keyakinan Buya Syafii Maarif perihal pendiriannya yang teguh terhadap nilai-nilai keadilan, toleransi dan perdamaian. Ia menekankan betapa pentingnya pemuda dari berbagai agama untuk mempraktikkan nilai-nilai serupa dalam kepemimpinan mereka.

Buya Syafii adalah pribadi yang egaliter, tampil apa adanya, low profile tanpa pura-pura dan tanpa dibuat-buat. Buya Syafii Maarif tidak ingin diistimewakan. Banyak cerita inspiratif tentang kesederhanaan Buya Syafii Maarif sebagai sosok langka diungkapkan orang-orang di sekitarnya,” ungkap Frenki. 

Baca juga: Pendeta Perempuan Mendorong Pemimpin Inklusif-Pluralis di PKPLA Makassar (kabardamai.id)

Peserta yang mewakili berbagai agama dan kepercayaan berbagi pengalaman dan pandangan mereka secara berkelompok. Frenki memberikan lima topik diskusi mengenai Buya Syafii Maarif, di antaranya topik merawat kebhinekaan, pemimpin yang cocok dalam konteks keindonesiaan, inspirasi bagi kaum muda, poligami dan harkat martabat perempuan, dan konsep negara bangsa.

Diskusi ini ditutup dengan semangat dan tekad baru yang dirasakan peserta untuk membawa sikap dan nilai-nilai Buya Syafii Maarif ke dalam praktik kepemimpinan masing-masing. Jalannya diskusi diwarnai dengan pertanyaan dan pemikiran yang tajam dari peserta. 

 

Penulis: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *