by

Data Kekerasan Seksual di Provinsi Kalimantan Tengah Januari-Juli 2021

Kabar Damai I Selasa, 27 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional jatuh pada 23 Juli karena mengacu pada disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Hak Anak

Pasal 2 (1) Anak berhak atas kesejahteraan, perawatan, asuhan dan bimbingan berdasarkan kasih sayang baik dalam keluarganya maupun di dalam asuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar. (2) Anak berhak atas pelayanan untuk mengembangkan kemampuan dan kehidupan sosialnya, sesuai dengan kebudayaan dan kepribadian bangsa, untuk menjadi warganegara yang baik dan berguna. (3) Anak berhak atas pemeliharaan dan perlidungan, baik semasa dalam kandungan maupun sesudah dilahirkan. (4) Anak berhak atas perlindungan terhadap lingkungan hidup yang dapat membahayakan atau menghambat pertumbuhan dan perkembangannya dengan wajar.

Kasus Kekerasaan Seksual Anak di Provinsi Kalimantan Tengah

Lembaga Bantuan Hukum Palangka Raya mengumpulkan data Kekerasaan Seksual terhadap anak di Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan penelusuran berita di media online dengan rentang waktu Januari hingga Juli 2021. Dari Data tersebut di peroleh ada 13 Kasus Kekerasaan seksual terhadap anak terbagi di 11 Kabupaten Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Kekerasan Berbasis Gender: Mengapa Perempuan Kerap Menjadi Korban?

Hubungan Pelaku dengan Korban

Dari data yang kami himpun pelaku kekerasaan seksual terhadap anak adalah orang dekat dari korban.

Umur Korban Kekerasaan Seksual Terhadap Anak

Sahkan UU Penghapusan Kekerasaan Seksual

Perkuat dan Perbesar Gerakan Rakyat-Persempit Gerakan Oligarki

 

Lembaga Bantuan Hukum Palangka Raya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed