by

Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Guna Ciptakan Rasa Cinta Tanah Air di Singkawang

-Kabar Utama-191 views

kabar Damai | Selasa, 28 Juni 2022

Singkawang I Kabardamai.id I Polres Singkawang menggelar lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SD, SMP dan SMA di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Sabtu (25/6/2022).

Lomba yang dibuka Wali Kota Singkawang ini merupakan bentuk kerjasama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Polres Kota Singkawang dalam rangka menyambut Hari Bhayangkari ke-76.

Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan tujuan pelaksanaan lomba adalah untuk menguji wawasan dan pengetahuan anak-anak didik di Kota Singkawang. Ia pun berharap acara lomba dengan konsep serupa dapat dilaksanakan di berbagai kesempatan lainnya.

“Kegiatan lomba ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan anak-anak didik kita mengenai 4 (empat) pilar kebangsaan. Kebetulan, Kadisdikbud juga meminta untuk menguji sebuah aplikasi yang nantinya akan dipergunakan juga pada lomba cerdas cermat tingkat provinsi Kalimantan Barat. Insyaallah, akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Asmadi mengatakan pelaksanaan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini menjadi upaya mewujudkan profil-profil pelajar Pancasila di Kota Singkawang. Kedepannya, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 nanti akan diadakan lomba cerdas cermat di tingkat provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga: Syukuran dan Refleksi Kota Singkawang Sebagai Kota Toleran

“Hal ini sejalan dengan pelaksanan kurikulum merdeka belajar, yaitu terwujudnya profil pelajar Pancasila. Perlu disampaikan, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 nanti akan diadakan lomba cerdas cermat di tingkat provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu upaya yang inovatif dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia sedini mungkin.

“Melalui kegiatan lomba ini para peserta didik mulai dari SD, SMP dan SMA ataupun yang sederajat diasah dan diuji kepintarannya tentang wawasan kebangsaan. Selain itu, juga bisa menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Kalau namanya cinta Tanah Air, kita pasti akan melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Usai membuka lomba, Tjhai Chui Mie dan Forkopimda memberikan pertanyaan seputar wawasan kebangsaan kepada beberapa siswa dan memberikan hadiah.

Sumber: Humas Media Center Singkawang

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed