Burhanuddin Muhtadi Ajak Masyarakat Teladani Keberanian dan Perjuangan Ade Armando Untuk Indonesia yang Lebih Baik

Kabar Utama304 Views

Kabar Damai | Sabtu, 16 April 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Pengeroyokan yang terjadi pada Ade Armando menarik perhatian banyak pihak. Banyak tokoh dan pegiat perdamaian dan keberagaman mengungkapkan simpatinya. Hal ini turut dinyatakan olen Burhanuddin Muhtadi, Dosen dan Penulis yang mengaku sedih serta prihatin atas kejadian yang menimpa sahabatnya tersebut.

Burhanuddin Mustadi dalam kegiatan doa dan solidaritas untuk Ade Armando mengaku mendapatkan informasi pengeroyokan dan perilaku mempermalukan yang ditujukan kepada Ade Armando melalui grup bersama dari media sosial yang ia miliki.

Menurutnya, perihal pengeroyokan yang terjadi jelas terdapat motivasi didalamnya, adapula virus takbiri dan perkataan darah halal dalam tayangan gambar peristiwa dan sekaligus menjadi sebuah ironi dimana kalimat yang suci dan bulan yang suci kemudian digunakan sebagai sebuah upaya melampiaskan kebencian dengan cara yang tidak manusiawi.

Ia juga mengaku khawatir, peristiwa bersejarah Juni 1992 kembali terulang, ketika seorang pengajar dan aktivis intoleransi ditembak mata oleh aktivis jamaah Islamiah yang kemudian mencorong muka Mesir karena terjadi secara terang benderang dan terjadi pada seorang aktivis yang punya sejarah aktivisme yang sama dengan Ade Armando saat ini.

Kembali pada peristiwa yang terjadi pada Ade Armando, ia mengungkapkan rasa syukurnya atas keselamatan Ade Armando sehingga dapat kemudian memperoleh penanganan kesehatan hingga saat ini.

Baca Juga: J. Kristiadi: Ade Armando, Sosok Gigih Memperjuangkan Kebaikan

“Saya bersyukur Bang Ade selamat, dan selamatlah Indonesia dari kasus dialami oleh tokoh tersebut tadi. Selamatlah toleransi, selamatlah generasi,” ungkapnya.

Dalam paparannya pula, ia menyatakan bahwa peristiwa semacam ini bukan tidak mungkin akan kembali terjadi. Ia juga mengaku sedih, apalagi mengingat Ade Armando bukan hanya sebatas sahabat namun juga mentor bagi dirinya.

Telah lama mengenal Ade Armando, membuat Burhanuddin Muhtadi membenarkan tentang banyaknya kebaikan Ade Armando.

“Bang Ade adalah sosok pribadi yang hangat, pribadi yang taat serta pribadi yang sangat sopan serta pribadi yang sangat berbaik sangka kepada siapapun,” tuturnya.

Bukti nyata Ade Armando adalah sosok yang berbaik sangka menurut Burhanuddin turut kentara pada peristiwa unjuk rasa pada tanggal 11 April tersebut. Ade Armando berbaik sangka dan ingin ikut serta terlibat dan mendengar masyarakat menyampaikan aspirasnya hingga datang ke lokasi kejadian yang juga sama seperti dirinya menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Dari peristiwa yang dialami oleh Ade Armando serta berbagai keberanian yang telah ia tunjukkan hingga membuatnya mendapatkan perilaku yang tidak senonoh, Burhanudding berharap kemudian tidak menyurutkan niat banyak orang untuk terus menggelorakan Indonesia yang toleran, ramah dan Indonesia yang menjadi rumah bagi semua.

“Saya yakin Bang Ade tidak surut semangatnya dan karenanya kita semua harus meneladani keberaniannya, melanjutkan perjuangannya dan yakin bahwa Indonesia akan jauh lebih baik kedepan,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *