by

BPIP Susun Juknis Pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Paskibra

Kabar Damai I Jumat, 18 Juni 2021

Jakarta I kabardamai.id I Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) lakukan penyusunan kurikulum program paskibra dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembekalan instruktur Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dalam Progam Pemusatan Paskibra.  Rancangan yang masih dibuat melalui Deputi Pendidikan dan Pelatihan BPIP ini nantinya akan dibahas lanjutan bersama kedeputian Hukum BPIP untuk menindaklanjutinya.

Dilansir dari laman BPIP, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi., Psikolog mengatakan, Penyusunan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembekalan Instruktur PIP Dalam Program Pemusatan Paskibraka DAN Penyusunan Kurikulum Pemusatan Program Paskibraka pada hari ini untuk memberikan sumbangsih pemikiran untuk membangun gotong royong dalam pembumian nilai-nilai Pancasila pada saat ini dan masa mendatang.

Baca Juga: Jombang Disebut BPIP sebagai Miniatur Indonesia, Kota Santri Penuh Toleransi

“Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang “Peraturan Pelaksana Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda,” terangnya saat membuka diskusi terpumpun di Jakarta, 16 Juni 2021.

Baby mengaku, Kegiatan Rapat Koordinasi ini merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan dukungan untuk penyusunan Petunjuk Teknis yang mengatur secara operasional tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Pembentukan Paskibraka dan Purnapaskibraka agar dalam pelaksanaan lebih efektif dan efisien sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Kami berharap dengan melibatkan dari LAN dan KL lainnya bisa memberikan saran serta masukan yang terbaik untuk kebaikan Paskibra dan Purnapaskibra Indonesia,” tandasnya, seperti dikutip dari bpip.go.id (17/6).

Turut hadir dalam helatan tersebut: Prof. Dr. Encep Syarief Nurdin, Drs., M.Pd., M.Si. (Ketua Program Doktor dan Magister Prodi Pendidikan Umum dan Karakter Sekolah Pascasarjana UPI). Dr Yuyun Nuriah M.Pd (Universitas Indraprasta (UNINDRA), Nina Ratna Suminar, M.Si (PPPPTK Penjas dan BK), dan Dr. Mustadin, S.Psi., M.Si (Kabag Hubungan Masyarakat Kemenpora).

Hadir pula Ir. Brisma Renaldi, MM. (widyaiswara LAN), Drs. Akhmad Nursalman, MSi. (widyaiswara LAN), Dr. Wilodati, M.Si. (Lektor Kepala Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI), Ani Suprihartini, SE., MM. (widyaiswara LAN), Syam Wahidin, S.Sos., MAP. (widyaiswara LAN), Purwanta, S.Pd., M.Pd. (PUSDIKLAT PEGAWAI KEMENDIKBUDRISTEK), Dr. Widyasari, M.Pd (Universitas Djuanda Bogor), Totok Junarwoto (Kemenpora).

Rekrutmen Paskibraka Diperketat dengan Pancasila

Tahun ini, rekrutmen calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memang sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, rekrutmen Paskibra mulai tingkat Daerah sampai tingkat Nasional diwajibkan melalui tahapan seleksi program Pendidikan Ideologi Pancasila (PIP).

Hal tersebut sebagaimana implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

Menurut Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, SE., MM BPIP diberikan mandat dan bertanggungjawab atas peraturan tetsebut.

“Ia kita (BPIP.red) diberikan mandat oleh Presiden untuk melaksanakan PIP pada tahapan rekrutmen dan seleksi, pemusatan pendidikan dan pelatihan, pengukuhan, serta Duta Pancasila” ucapnya dikutip dari laman resmi BPIP, Selasa, 13 April 2021 lalu.

Ia menegaskan pemahaman nilai-nilai Pancasila sangat penting pada generasi muda, maka PIP dilaksanakan dalam pembentukan Paskibra mulai tahun 2021. “Mengingat pentingnya penguatan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda, maka pembinaan ideologi Pancasila dilaksanakan mulai tahun ini,” tegasnya, seperti dikutip dari republika.co.id.

Rima juga berharap program tersebut dapat menyiapkan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan yang memahami Pancasila.

“Yah, diharapkan selain dapat memahami juga mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sebagai laku hidup sehari-hari, serta menjadi teladan di kalangan generasi muda,” harapnya.

Pada tahapan rekrutmen dan seleksi, BPIP melaksanakan tes tertulis yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Perisai BPIP.

“Tes ini telah dilaksanakan kepada 940 calon Paskibraka di beberapa daerah baik di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi mealui aplikasi milik BPIP,” terangnya.

Sementara ini daerah yang sudah melaksanakan seleksi diantaranya Kota Batam pada 5 April 2021 dengan jumlah peserta 198 orang, Jawa Tengah, 7 April 2021 dengan peserta 66 orang, DIY, 8 April 2021 jumlah peserta 80 orang, Kota Tangerang Selatan, 8 April 2021 jumlah peserta berjumlah 73 orang, Jawa Barat, 9 April 2021 jumlah peserta 78 orang, Kalimantan Utara, 9 April 2021 dengan jumlah peserta 49 orang, Kota Jakarta Timur, 10 April 2021 dengan peserta 293 orang, Kota Jakarta Pusat, 11 April 2021 dengan peserta 98 orang dan Kota Tangerang, 11 April 2021 dengan jumlah peserta 13 orang.

Menurutnya Pembinaan Ideologi Pancasila telah berlangsung di Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya hingga pada tahap pembentukan Paskibraka di tingkat Nasional.

“Pembinaan ini kita terus lakukan sampai tahap pembentukan Paskibra tingkat Nasional,” tandasnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Purna Paskibra Indonesia (PPI) Eris Anwar Firdaus berharap program tersebut menjadi program pembinaan generasi muda semakin lengkap dan utuh serta memilki perfoma fisik yang baik yang berkarakter Pancasila.

“Hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa Paskibraka tidak hanya identik dengan performa fisik (jasmani) tetapi juga karakter dan mental,” ujarnya. [bpip/republika]

 

Editor: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed