by

Bijak Bermedia: Mencegah Cyber Bullying

Oleh: Luthfi

Handphone, laptop, televisi merupakan salah satu contoh perkembangan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi memiliki tujuan yang sama yaitu membantu untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi secara mudah dan tepat.

Pada zaman dahulu bahasa digunakan sebagai alat tukar informasi. Bahasa lisan mempunyai kelemahan yaitu informasinya mudah dilupakan dan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pada zaman manusia purba untuk menyampaikan informasi menggunakan lukisan-lukisan yang digambar di dinding  goa.

Media untuk menyampaikan informasi terus mengalami perkembangan hingga ditemukannya huruf alfabet dan angka arabik yang dapat memudahkan manusia untuk menyampaikan informasi tulisan. Penemuan teknologi informasi seperti televisi, radio, dan komputer membuat informasi lebih cepat untuk disebarkan dan jangkauannya lebih luas.

Teknologi informasi berkembang menjadi ilmu yang penting karena tekonologi tersebut digunakan untuk mengolah data yang meliputi memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Ada tiga hal yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang relevan dan akurat, yaitu data, alat pengolahan data, dan metode pengolahan data.

Baca Juga: Mewaspadai CyberBullying Sebagai Dampak dari Perkembangan TIK

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi harus dimanfaatkan dengan baik dan jangan sampai digunakan untuk melakukan sesuatu yang dapat merugikan orang lain seperti bully dan kekerasan cyber. Bully yang dilakukan di media sosial disebut intimidasi dunia maya (cyberbullying). Intimidasi dunia maya adalah segala bentuk kekerasan yang dialami seseorang melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler.

Pelaku intimadasi dunia maya biasanya melakukan tindakan tersebut karena perasaan marah, ingin balas dendam, frustasi, ingin mencari perhatian dan sebagai untuk hiburan pengisi waktu luang. Tindakan intimidasi dunia maya meninggalkan jejak digital berupa rekaman atau catatan yang yang dapat digunakan untuk melaporkan kejadian tersebut.

Ciri-ciri yang anak yang mengalami cyberbullying

  1. Mengalami
  2. Seringmerasa tidak percaya dengan orang
  3. Merasakhawatir berlebihan

Dampak bagi korban

  1. DampakPsikologis

Korban akan depresi, mudah marah, timbul perasaan khawatir yang berlebihan, dan jika korban merasa tidak sanggup untuk menjalani kehidupannya ia akan mencoba untuk melakukan bunuh diri.

  1. Dampaksosial

Korban mengalami kehilangan percaya diri. Selain itu, korban selalu memiliki keinginan untuk bertemu dengan teman atau keluarganya agar bisa menceritakan kejadian yang dialami dan mendapatkan dukungan.

  1. Dampakdalam kehidupan sehari-hari

Korban akan mengalami penurunan prestasi akademik. Selain itu, cycberbullying juga bisa mengubah perilaku seseorang karena selalu merasa khawatir yang berlebihan.

Bully dan cyberbullying jika dibiarkan akan menyebabkan orang yang menyaksikan dapat memiliki asumsi bahwa tindakan tersebut diperbolehkan. Selain itu, jika perilaku ini terus dibiarkan akan menyebabkan seseorang merasa tidak perlu untuk menghentikannya dan bergabung dengan orang yang melakukan penindasan agar tidak menjadi sasaran berikutnya.

Tindakan bully dan cyberbullying akan memberikan dampak buruk yang sangat besar bagi korbannya. Jika kita merasa menjadi korban, cobalah untuk menceritakan kejadian tersebut kepada teman, orang tua, atau orang terdekat lainnya. Jika merasa timbul gejala-gejala depresi segera kunjungi psikolog karena banyak korban yang memilih untuk tidak menceritakan kepada siapapun sehingga menyebabkan korban mengalami depresi dan pada akhirnya melakukan bunuh diri.

Kita harus bisa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan benar agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi orang lain. Tindakan bully dan cyberbullying jika terus dibiarkan akan memberikan dampak buruk yang besar bagi           korbannya.

 

Oleh: Luthfi, Siswa SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed