by

Bhiksu Dutavira Sthavira: Vaksin Jalan Keluar Memutus Pandemi Covid-19

-Kabar Utama-113 views

Kabar Damai | Minggu, 14 Maret 2021

 

Jakarta | kabardamai.id | Bhiksu  Dutavira Sthavira mengajak segenap anak bangsa, khususnya umat Buddha untuk mengikuti program vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah. Menurutnya, jika seseorang sehat, maka keluarganya pun akan ikut terjaga kesehatannya.

“Vaksin merupakan jalan keluar untuk memutuskan pandemi Covid-19,” ujarnya, kutip kemenag.go.id (13/3).

Pemerintah tengah menggalakkan program vaksinasi Covid-19 sejak pertangahan Januari 2021. Tahap pertama, vaksin untuk tenaga kesehatan sudah selesai.

Kini, vaksinasi sudah masuk tahap kedua untuk lansia dan pelayanan publik, termasuk tokoh agama.

Sebagai tokoh agama, Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci  Indonesia YM.Dr.(H.C) Maha Bhiksu Dutavira Sthavira sudah mendapat vaksin pada 23 Februari 2021. Saat itu, vaksinasi untuk sejumlah tokoh agama berlangsung di basement Masjid Istiqlal.

“Dua minggu yang lalu, 23 Februari 2021, di istiqlal kami sudah divaksin. 14 hari telah berlalu, kondisi kami baik-baik saja, bahkan makin sehat,” terang Suhu Dutavira Sthavira saat ditemui jurnalis laman Kementerian Agama RI di Vihara Avalokitesvara, Jakarta, Jumat (12/3).

Ia bahkan merasa kondisinya makin sehat. Kakinya yang biasa terasa dingin dan mudah masuk angin, perlahan hilang. “Dalam dua minggu ini tidak ada gejala itu,” ujarnya memberi kesaksian.

Namun, kepada yang sudah divaksin, Suhu Dutavira mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M. Yaitu, memakai masker, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

“Jayalah bangsa kita. Semoga semua makhluk hidup beruntung dan berbahagia,” pungkasnya.

Baca juga: Dalai Lama, Pemimpin Spiritual Asal Tibet

Ketua PHDI Ajak Umat Hindu Vaksinasi

Sebelumnya, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya juga mengajak umat Hindu untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

“Ayo kita ikut vaksin. Tidak usah takut, tidak usah ragu. Tadi baru saja ikut vaksinasi. Setelah vaksinasi, saya tidak ada masalah. Semuanya berjalan lancar,” ujar Wisnu usai ikuti vaksinasi di Masjid Istiqlal, Selasa (23/2).

“Mari kita ikuti program dari pemerintah. Kita punya Catur Guru, salah satunya adalah Guru Wisesa. Ikuti pemerintah dalam rangka untuk mengatasi Covid-19,” sambungnya. Kutip kemenag.go.id (11/3).

Diwartakan laman Kementerian Agama RI, selain mengikuti vaksinasi, Wisnu juga mengingatkan umat Hindu untuk senantiasa menjaga diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19. Ia pun menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan.

“Pertama, kita cuci tangan yang bersih, pakai sabun dan air mengalir. Kedua, makan minum yang bergizi dan berkalori supaya kita tetap sehat,” pesan Wisnu.

Ketiga, menjaga jarak fisik dengan sesama manusia. “Jaga jarak dengan manusia tapi Tuhan selalu bersama kita,” ujarnya.

Keempat, menggunakan masker, sebagai upaya agar tidak saling menularkan. Terakhir, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga Covid-19 ini segera berakhir sehingga semua bisa kembali hidup dengan normal. [ ]

 

Penulis: A. Nicholas

Sumber: kemenag.go.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed