Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia

Kabar Utama1799 Views

Kabar Damai I Sabtu, 29 Januari 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Pendidikan menjadi tonggak penggerak kehidupan manusia. Melalui pendidikan, manusia dapat hidup dengan sesuai pada tuntutan zaman dan berkembang sebagaimana mestinya.

Upaya-upaya dalam memajukan pendidikan juga sudah semestinya dilakukan sejalan dan beriringan melalui kolaborasi agar dampak yang diberikan dapat lebih besar dan menjangkau semakin banyak kalangan.

Semangat dalam pemajuan pendidikan di Indonesia turut dilakukan oleh YPA-MDRM yang hadir secara konsisten dan berkontribusi untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui program pembinaan 4 pilar yaitu akademik, karekter, seni, budaya dan kecakapan hidup yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan diwilayah prasejahtera dan 4 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal dan Terdalam).

Dalam program talkshow inspiratif KBR, Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication Astra dan Tasya Kamila, artis yang menjelaskan tentang upaya dan gerakan bersama dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Belajar Pendidikan Perdamaian dari 23 Tahun Konflik Ambon

Boy dalam pemaparannya menyatakan bahwa cara meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, tidak hanya fokus pada satu jenjang saja namun juga menyentuh para murid, tenaga pendidik dan institusi pendidikan lainnya serta pemerintah daerah. Program ini juga selaras dengan yang dilakukan oleh pemerintah seperti merdeka belajar, kampus merdeka, program guru muda garda depan, kampus merdeka mengajar.

Gerakan juga harus semakin besar melalui keterlibatan anak-anak muda. Melalui pemikiran dan aksi nyata anak muda pendidikan diharapkan akan semakin tampak hasilnya.

“Astra juga dengan programnya mencari anak-anak muda yang punya program pembinaan masyarakat dibidang pendidikan. Dari banyaknya penerima tingkat nasional ada 12 anak muda yang kini programnya telah dikolaborasikan dengan kontribusi sosialnya Astra dibidang pendidikan,” ujar Boy.

Ia juga menambahkan, pada tahu ahun 2022 ini, ada banyak pihak yang diajak berkolaborasi. Tentunya sinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek RI dan berbagai instansi terkait.

Astra juga terus melaksanakan pembinaan SMK, PAUD, pemberian beasiswa diberbagai level pendidikan, edukasi dalam berlalu lintas kemudian juga selalu bergerak dan tumbuh bersama. Mengajak seluruh masyarakat untuk terus maju, adaptif dalam berkarya serta memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Sebagai artis dan publik figur, Tasya Kamila yang juga peduli pada isu pendidikan di Indonesia menyampaikan tanggapannya. Ia mengungkapkan bahwa tentunya selain dukungan dalam insfrastuktur pendidikan, program-program pembekalan untuk guru-guru dan siswa-siswa juga agar mereka semakin up to date dengan teknologi dan digitalisasi karena banyak tools yang bisa mendukung proses belajar mengajar yang juga sangat penting.

Ia juga menambahkan bahwa diluar sana banyak sekali tools atau perangkat yang bisa mendukung proses belajar mengajar agar lebih dapat berkualitas dan merata lagi kualitas pendidikannya, proses belajar dapat lebih fun dan anak-anak juga dapat diajari bahwa ilmu yang mereka pelajari dapat diimplementasikan didunia nyata, kehidupan sehari-hari, solfing problem dan juga berfikir kritis dari permasalahan yang ditemukan sehari-hari.

Penting juga memberikan kepada siswa yang ada didaerah 4T atau prasejahtera memberikan kesempatan semacam field trip, keluar dari daerahnya supaya dapat melihat langsung situasi diluar, diajak bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang menggeluti berbagai bidang pekerjaan yang beragam agar mereka bisa terinspirasi juga.

“Wawasan mereka semakin luas dan mereka semakin sadar bahwa diluar sana ada banyak sekali kesempatan untuk berkembang dan tumbuh serta menggunakan ilmu mereka untuk melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan,” beber Tasya.

Menurutnya pula, anak-anak muda itu perlu sekali panutan, role model untuk terinspirasi supaya mereka mau bermimpi dan punya cita-cita dan tujuan sehingga mereka dapat terus belajar dan mengejar mimpi-mimpinya.

Penulis: Rio Pratama

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *