by

Bercorak dalam Satu Kanvas

Oleh: Sifania Pratiwi

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman.

Keberagaman merupakan suatu kodisi dimana dalam masyarakat terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, tentunya dapat dijadikan sebagai suatu motivasi untuk membentuk persatuan bangsa.

Bangsa Indonesia khususnya para generasi muda harus menjaga persatuan bangsa tersebut melalui sebuah perbedaan.

Tumbuh di tengah perbedaan membiasakan diri kita untuk saling toleransi, toleransi merupakan suatu hal yang harus di terapkan dalam lingkungan masyarakat, dengan adanya  toleransi akan menciptakan suatu keharmonisan dan perdamaian.

Perbedaan itu bisa berjalan harmonis bila adanya rasa toleransi sosial yang tinggi. Ketika kita hidup di tengan-tengah perbedaan seperti ini, kita harus bisa saling menghargai, saling menghormati, dan saling menjaga perasaan masing-masing individu walaupun dengan latar belakang yang berbeda, hal itu bertujuan untuk menghindari sebuah konflik dan menjaga persatuan suatu bangsa. 

Dalam menjaga perdamaian dan kesatuan suatu bangsa, peran generasi muda sangatlah besar, karena generasi mudalah yang akan menjaga dan mengajarkan kepada adik-adiknya nanti untuk terus mempertahankan suatu bangsa yang utuh.

Baca Juga: Anak Muda, Yuk Gerak untuk Perdamaian

Walaupun banyak perbedaan yang kita miliki tidak menjadi suatu alasan bagi kita untuk tidak saling menghargai antara satu sama lain. Disebutkan dalam semboyan bangsa Indonesia yaitu “bineka tunggal Ika” yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan” , meskipun kita hidup di dunia ini dengan banyaknya perbedaan namun tujuan kita itu sama.

Oleh karena itu kita harus menguatkan sikap toleransi dan rasa cinta atas perbedaan agama, ras, suku, bahasa, adat dan budaya yang ada di Indonesia. Dengan adanya sikap toleransi yang kuat maka bangsa Indonesia akan utuh dan perdamaian akan terus berjalan.

Sama halnya dengan sebuah Lukisan, lukisan akan terlihat indah jika di dalam nya terdapat berbagai corak yang berbeda-beda. Begitupun dengan bangsa indonesia yang akan terlihat indah karena memiliki banyak perbedaan.

Sehingga generasi muda saat ini harus bangga akan perbedaan-perbedaan yang berada di negri ini dan bisa menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat agar dapat menciptakan suatu perdamaian dunia.

 

Sifania Pratiwi, Pemuda Hindu dan Peserta Sekolah Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama Angkatan 1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed