by

Belajar Toleransi Sejak Kecil, Inilah 5 Artis yang Lahir dari Orang Tua Beda Agama

Kabar Damai I Rabu, 21 April 2021

 

Jakarta I kabardamai.id I Sejumlah artis Tanah Air lahir dan besar di tengah perbedaan agama di keluarganya, di mana orang tuanya memiliki keyakinan yang berbeda. Namun, hal tersebut justru membuat mereka memiliki rasa toleransi dan sikap saling menghormati.

Melansir kumparan.com, berikut ini beberapa artis Tanah Air yang memiliki orang tua beda agama. Ada yang mengikuti agama salah satu orang tuanya hingga memutuskan untuk menganut agama lain. Siapa saja? Berikut ulasannya.

 

Dian Sastro

Banyak orang yang tahu kalau Dian Sastro adalah seorang mualaf. Namun, tak banyak yang tahu jika pemain film Ada Apa Dengan Cinta ini hidup dalam keberagaman agama di keluarganya. Sang ayah beragama Buddha, sementara sang ibu beragama Katolik.

Diulas dream.co.id, toleransi beragama begitu dirasakan artis cantik Dian Sastrowardoyo. Perbedaan keyakinan yang ada antara dirinya dan sang ibunda Dewi Parwati Setyorini tidak membuat hubungan keduanya merenggang.

Wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini mengaku mendapat dukungan penuh menjalani kehidupan sebagi muslimah. Bahkan sang ibunda sempat terharu ketika Dian menghatamkan Al Quran.

Dian menyeritakan ketika dirinya memilih jalan sebagai muslimah sang ibunda begitu berhati besar.

“Mama aku selalu supportif dengan pilihan spiritual aku, kata mama: agama apapun yang kamu pilih boleh saja asal harus dengan satu syarat: harus benar benar taat dan khusyuk kalo lagi ibadah!!! Moral of the story is apapun agama kamu, pastikan itu hubungan mu sendiri dengan Yang Maha Kuasa,” tulis istri dari Maulana Indraguna Sutowo ini.

Ibu dari Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo ini merasa begitu bersyukur memiliki orang tua yang menjunjung tinggi toleransi beragama.

” Dan yang pasti alhamdulillah di keluarga aku walaupun berbeda beda tapi kita semua tetap saling menghormati dan saling cinta. I love my mom and I’m so grateful about having her as my mother #bhinekatunggalika #toleransiberagama #indonesiaitubhineka,” tulisnya.

 

Febby Rastanty

Tak banyak yang tahu jika Febby Rastanty terlahir dari ayah seorang muslim dan ibu non-muslim. Perempuan yang kini berusia 24 tahun itu belajar akan sebuah perbedaan dan selalu bertoleransi dengan sesama umat sejak masih kecil.

Melansir wowkeren.com, Febby Rastanty menceritakan kisahnya yang lahir dari orangtua berbeda agama. Memiliki orangtua beda agama, Febby menyebut itu adalah takdir baginya. Kendati demikian, keluarga Febby selalu mengajarkannya soal toleransi.

Di samping hal itu, Febby juga menceritakan soal pengalamannya yang pernah menjalin hubungan berbeda agama. Perempuan kelahiran 1 Februari 1996 itu diketahui pernah berkencan dengan Derby Romero sebelum akhirnya putus pada 2015 lalu. Febby yang beragama Islam dengan Derby sebagai penganut Nasrani sempat menjalin hubungan yang cukup lama, dan kerap menampilkan kemesraan di depan publik.

Dalam satu kesempatan, Febby mengungkapan perasaannya ketika menghadapi situasi tersebut. Berbincang dengan Billy Davidson dan Giorgino Abraham, Febby Rastanty menyebut pacaran beda agama adalah salah satu pengalaman hidup yang menarik.

“Sebenarnya cukup menarik (pacaran beda agama) karena ya belajar banyak juga,” ujar Febby dalam kanal YouTube miliknya, Rabu (16/9). “Karena ya kalaupun gue percaya banget sama agama gue, sama Tuhan gue. Tapi suatu waktu gue juga orangnya mau belajar. Mau belajar dalam arti bukannya mau pindah, tapi mau belajar kayak ‘Kenapa sih kita berbeda? Kenapa harus ada perbedaan? Kenapa lo beda? Apasih bedanya gue sama lo’.”

 

Jessica Mila

Artis Jessica Mila rupanya memiliki orang tua yang berbeda keyakinan. Sang ayah diketahui beragama Islam, sementara ibunya seorang Nasrani. Jessica mengikuti agama yang dianut sang ibu.

Kendati demikian, perempuan 29 tahun tersebut mengaku bersyukur memiliki orang tua yang berbeda. Hal tersebut lantaran dirinya lebih memaknai toleransi dan memiliki perspektif yang luas.

“Lebih toleransi sih pastinya, kalau aku enggak tumbuh dengan iman yang berbeda mungkin aku juga enggak punya perspektif yang luas,” ungkap Jessica dalam saluran Daniel Mananta Network, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga :  Toleransi Beragama Amanda Manopo, Turut Puasa dan Bantu Masak Sahur

Jessica pun mengaku dengan keadaanya tersebut dia tak mudah menilai seseorang dari agamanya saja. Bahkan dia merasa seseorang bisa belajar dari orang lain yang memiliki keyakinan berbeda. Seperti halnya dirinya belajar dari sosok sang ayah.

“Yang aku pelajari dari papa aku banyak banget, dia sabar banget orangnya. Dan aku belajar sabar dan berserah sama Tuhan itu sama papa. Walaupun mereka beda, ada saling melengkapinya,” ungkapnya.

 

Celine Evangelista

Celine Evangelista memang tumbuh dalam keluarga dengan keberagaman agama. Ia yang beragama Katolik tumbuh dalam keluarga yang penuh toleransi. Sang ayah diketahui seorang Nasrani, sementara sang ibu seorang mualaf. Kakek Celine sendiri disebut merupakan pejuang Islam.

Celine Evangelista mendapat banyak pujian saat menceritakan toleransi beragama dalam keluarga besarnya. Istri Stefan William itu menjelaskan, di dalam keluarga besarnya sebagian Muslim, sebagian lagi Kristen.

“Tapi di dalam keluarga kami menumbuhkan rasa toleransi dan saling menghormati satu sama lain,” kata perempuan yang sedang hamil muda itu melalui akun Instagram miliknya, Senin (22/5/2017), seperti dikutip fimela.com.

Mereka memilih hidup dalam damai dan saling mengasihi. Selain itu, mereka juga saling melengkapi satu sama lain. Saat Lebaran, lanjut Celine, keluarga yang non-muslim ikut bersilaturahmi, begitu juga sebaliknya.

“Saat ini keluarga saya mengadakan pengajian untuk si baby di perut..dan menurut saya, pengajian/mengaji bersama anak yatim adalah hal yang baik dan positif dampaknya. Jadi kenapa gak?!” jelas perempuan kelahiran Roma, Italia, 2 April 1992 ini.

 

Shandy Aulia

Sang ayah dan kakak-kakak Shandy Aulia diketahui menganut agama Islam. Sedangkan Shandy bersama sang ibu non-muslim. Meski begitu mereka tetap akur dan menghargai perbedaan.

“Saya dibesarkan dari kecil dengan perbedaan, papa saya Islam dan mama saya Kristen,” tulis Shandy di Instagram, Minggu (24/5/2020).

Shandy kemudian memeluk agama Kristen seperti sang ibu. Ia mengakui kepercayaan yang dipilihnya tanpa adanya intervensi dari siapa pun termasuk kedua orang tuanya.

“Saya 4 bersaudara. Sejak 15 tahun saya memilih iman Kristen untuk jalan hidup saya dan ketiga kakak saya Islam. Saya memilih kepercayaan bukan karena orang tua, tapi saya memilih karena pilihan pribadi saya dan pengalaman iman saya sendiri,” beber pemain film Eiffel I’am In Love itu.

Meskin berbeda dan terlihat rumit, namun benih toleransi dan kasih sayang di keluarga Shandy telah tertanam sejak kecil. Kasih sayang diantara mereka mengalahkan perbedaan pilihan tersebut.

“Karena pada akhirnya pilihan iman itu hubungan saya dengan Tuhan. Keluarga saya saling menghormati perbedaan ini. Saya sangat mengasihi papa dan kakak-kakak saya. Karena saya percaya mengasihi dalam perbedaan itu indah,” lanjutnya, seperti dikutip fajar.co.id (25/5/2020).

Menyimak kisah kelima selebritas tersebut kita mestinya bisa belajar bagaimana menghargai dan menghormati keberagaman yang ada di keluarga maupun sekeliling kita. Pun tak sulit mestinya menumbuhkan dan mempraktikkan sikap toleran kepada saudara-saudara kita yang berbeda dengan kita. [ ]

 

Penulis: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed