by

Belajar Mencintai Diri Sendiri dengan Menghargai Diri

Kabar Damai I Senin, 13 September 2021

Jakarta I kabardamai.id I Sebagian besar orang pernah mengalami kekurangan harga diri. Mereka yang merasa dirinya tidak berguna, mudah putus asa, rendah diri, bahkan tidak bergairah. Namun, apakah harga diri itu sebenarnya? Setiap orang pasti memiliki pandangannya tersendiri mengenai makna harga diri.

Seorang Dokter Kejiwaan Korea Selatan, Yoon Hong Gyun, menulis buku ini sebagai metode pelatihan mandiri untuk meningkatkan harga diri. Buku ini merupakan buku self improvement yang ditujukan untuk menjawab krisis harga diri yang dialami seseorang. “Saya tahu bahwa dalam hidup akan selalu ada sesuatu yang membuat harga diri jatuh, bahwa saya bisa berbuat salah dan merasa lelah tak terhingga,” ujar Dr. Yoon.

Buku ini terdiri dari tujuh bagian yang membahas tentang “Apa itu harga diri” hingga “Metode konkret untuk menaikkan harga diri”. Harga diri dimaknai sebagai penilaian individu terhadap diri sendiri. Dalam buku ini, disebutkan bahwa ada tiga pilar dasar yang ada dalam harga diri, yaitu rasa kebermanfaatan diri, kontrol diri, dan rasa aman.

Baca Juga: Mengupas Pilu Jalan Raya Anyer-Panarukan

Harga diri dianggap penting karena memiliki hubungan yang erat dengan lingkungan sosial. Mulai dari ucapan, tindakan, penilaian, bahkan perasaan yang dimiliki seseorang merupakan pengaruh dari harga diri. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah merasa bahwa kita sulit untuk mencintai diri sendiri. Kita memandang diri kita tidak layak untuk dicintai.

“Kita tidak bisa menjadi pribadi yang selalu dicintai oleh semua orang. Masalah akan selalu datang dalam kehidupan kita. Kita akan mengalami penolakan. Kita akan mengecewakan. Hati kita tak selamanya diliputi oleh kebaikan” – halaman 65.

Bertekad untuk mencintai diri sendiri merupakan salah satu langkah untuk mengatasi krisis harga diri. Selain itu, mengatasi luka, hambatan, maupun kritik, juga dirasa mampu untuk memulihkan harga diri. Dengan pulihnya harga diri, otak kita akan menjadi sehat. Kita akan berpikir cenderung positif dan mengabaikan kecemasan kecil. Hal ini akan membuat kita memiliki rasa percaya diri karena tidak takut untuk sendirian.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dengan dilengkapi panduan-panduan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengatur emosi. Penulis memberi 24 latihan untuk meningkatkan kepercayaan diri yang dapat kita isi di dalam buku ini. Membaca buku ini seperti mendengarkan seorang sahabat yang memberi nasihat kepada kita. Tidak dipungkiri bahwa buku ini menjadi best seller di Korea Selatan.

Sayangnya, terdapat istilah-istilah psikologi yang akan terdengar asing bagi pembaca pemula. Terlepas dari itu, buku ini tetap direkomendasikan untuk dibaca oleh berbagai kalangan, terutama oleh orang-orang yang merasa insecure, agar lebih bisa mencintai dirinya sendiri. Dengan membaca buku ini, diharapkan kita dapat merasakan pengalaman naiknya harga diri secara mengejutkan.

Judul buku: How to Respect Myself

Penulis: Yoon Hong Gyun

Alih bahasa: Asti Ningsih

Penerbit: TransMedia Pustaka

Cetakan dan tahun terbit: Cetakan pertama, 2020

ISBN: 978-623-7100-33-1

 

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed