by

Beasiswa Penelitian Tentang Gus Dur

-Kabar Utama-111 views

Gus Dur, sapaan KH Abdurrahman Wahid merupakan tokoh nasional yang memiliki segudang talenta. Ia seorang intelektual parexcellent (sangat baik). Penguasaannya terhadap tradisi keilmuan Islam maupun ilmu sosial kontemporer diakui oleh banyak orang.

Salah seorang pendiri Indonesian Conference on Religion and eace (ICRP) ini juga seorang aktivis yang memperjuangkan berbagai isu, peminat berbagai jenis music, dan pemerhati olahraga. Selain itu, ia juga seorang yang sangat humoris. Kekayaan berbagai anekdot dan leluconnya tidak pernah habis, bahkan sudah diterbitkan dalam beberapa judul buku.

Presiden RI ke-4 ini sebelumnya pernah pula memimpin organisasi muslim terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. Berbagai karya tulis tentangnya telah dihasilkan oleh banyak sarjana. Namun masih ada sisi-sisi Gus Dur yang menarik dan penting untuk dikaji dan ditulis.

Oleh karena itu Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta bekerjasama dengan Wahid Foundation menawarkan bantuan biaya riset bagi para mahasiswa yang meneliti dan menulis tugas akhir bertopik kiprah dan pemikiran KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Beasiswa masing-masing senilai Rp10 juta disediakan bagi lima mahasiswa di lingkungan UIN Jakarta.

Demikian disampaikan Dekan FAH UIN Jakarta, Saiful Umam, sebagaimana dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, beasiswa terbuka bagi seluruh mahasiswa di lingkungan UIN Jakarta dengan syarat topik penelitiannya menyangkut kiprah Presiden RI periode 1999-2001 tersebut. “Beasiswa ini disediakan FAH UIN Jakarta bekerjasama dengan Wahid Foundation. Tapi terbuka untuk semua mahasiswa UIN Jakarta yang menulis skripsi tentang Gus Dur,” paparnya seperti dikutip sindonews.com (5/2/2021).

Dijelaskan, beasiswa diberikan untuk membiayai berbagai kegiatan terkait penelitian. Sedang untuk mengaksesnya, mahasiswa yang berminat harus tercatat sebagai mahasiswa aktif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta program sarjana maksimal semester 10 dengan indeks prestasi kumulatif minimal 3.25.

Bagi mahasiswa peminat dapat mengakses informasi dan pendaftaran beasiswa di https://bit.ly/3qW8NVx. Di laman ini, selain diminta mengisi informasi diri, peminat juga diminta mengisi keterangan surat lulus ujian judul skripsi, rekomendasi dari pembimbing atau program studi, dan abstrak penelitian.

Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan hingga 31 Maret 2021. Seleksi berkas dilakukan pada 16 April, lalu diumumkan pada 30 April 2021. [ ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed