Atik Muayati Membahas Karakter Pemimpin Masa Depan, Pemuda Lintas Agama Menyongsong Kehidupan Inklusif

Kabar Utama133 Views

Makassar | Kabardamai.id | Atik Muayati, Narasumber Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama (PKPLA) Kota Makassar menyampaikan materi tentang Karakter Pemimpin Masa Depan, Rabu (11/10). Peserta terlibat diskusi mendalam yang membahas karakter kepemimpinan yang diperlukan untuk masa depan yang lebih harmonis dan inklusif

Atik memiliki pengalaman panjang dalam kepemimpinan dan kerukunan antar agama. Ia membahas tiga poin penting bagi seorang pemimpin di masa depan. Sejumlah tantangan yang dihadapi oleh pemimpin masa depan menjadi pembuka diskusi. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan karakter-karakter pemimpin yang harus dimiliki.

“Untuk mewujudkan karakter yang baik ideal, prosesnya sangat panjang. Setiap ucapan dan tindakan harus sesuai dan sejalan. Karakter penting untuk dibahas karena membawa dampak dan pengaruh yang luas bagi orang orang yang ada disekitar,” ungkap Atik.

Baca juga: PKPLA Menggagas Pemimpin Muda Pancasilais di Kota Makassar (kabardamai.id)

Lebih lanjut, Atik menekankan pentingnya menghindari karakter yang dapat menghambat kepemimpinan yang efektif. Egoisme, fanatisme, diskriminasi serta ketidakmampuan untuk terbuka terhadap perubahan menjadi topik pembahasan yang hangat. 

“Pemimpin masa depan harus mampu menjembatani perbedaan dan mempromosikan kerukunan di antara masyarakat yang beragam. Mereka harus menjadi pelopor dalam mengatasi tantangan global dan memajukan perubahan positif di masyarakat,” ucapnya.

Pelatihan ini berlanjut dengan diskusi interaktif yang dirancang untuk membekali pemuda dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan inklusif dalam masyarakat yang semakin beragam. 

 

Penulis: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *