APS dan ICRP Ajak Lintas Iman Donasi untuk Cianjur

Kabar Damai | Kamis, 1 Desember 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Aliansi Papua Strategis (APS) bersama ICRP (Indonesian Conference on Religion and Peace) mengajak sahabat lintas iman dalam meggalang dana untuk korban gempa M 5,6  Cianjur yang terjadi pada 21 November.

Dilansir dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Pos Komando (posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur mencatat korban meninggal sebanyak 328 jiwa dan 12 lainnya yang masih dinyatakan hilang dan masuk Daftar Pencarian (DP).

Untuk menyelesaikan DP ini, Posko memutuskan untuk memperpanjang masa pencarian korban hilang selama tiga hari, terhitung pada 1 hingga 3 Desember 2022.

Bupati Cianjur Herman Suherman menyebutkan perpanjangan masa pencarian korban hilang selama tiga hari atas pertimbangan kondisi lapangan dan ahli waris yang masih mengharapkan ditemukannya korban yang masih hilang.

baca juga : Indonesia Economic Outlook 2023: Tumbuh di Tengah Perlambatan Global

Sementara berdasarkan data posko terpusat, jumlah warga yang masih mengungsi mencapai 109.386 jiwa (39521 KK) yang tersebar di 451 titik dengan rincia 351 berada di pos pengugsian terpusat dan sisanya mandiri.

Bupati menghimbau agar warga yang rumahnya tidak mengalami rusak struktur dapat kembali ke rumah masing-masing. “Segera secara bertahap, warga dapat kembali ke rumah, tentunya yang rumahnya tidak struktur,” ujar Bupati Cianjur.

Hingga saat ini (30/11) data rumah rusak berat 4.376, rusak sedang 5.306 dan rusak ringan 8.182, data diperolah dari hasil asesmen dinas terkait.

Melihat kondisi korban bencana, saat ini APS dan ICRP masih membuka donasi untuk Cianjur, selain itu ICRP juga membuka penggalangan dana berupa barang. Memfokuskan donasi pada anak-anak, ICRP membuka donasi berupa buku bacaan anak, buku dan alat tulis, buku dan alat gambar, dan alat bermain anak.

“Kita fokus pada pemulihan anak saja pasca tanggap darurat” ujar Romo Harry selaku Sekjen ICRP.

Selain itu, ICRP juga memfokuskan donasi barang pada pemenuhan kebutuhan alat ibadah meliputi; sarung baru, mukenah baru dan peci baru, yang nantinya akan disalurkan melalui musalah dan masjid di sekitar lokasi gempa.

“Kita perlu membantu pemenuhan kebutuhan ibadah korban, apalagi melihat banyaknya rumah dan tempat ibadah yang hancur”, lanjut Romo Hary

Saat ini ICRP sudah mengumpulkan 500 Al-quran sumbangan dari Sinarmas Indonesia, yang akan disalurkan bersamaan dengan alat ibadah yang akan dikumpulkan.

Donasi dalam bentuk barang dapat dikirimkan langsung ke kantor sekretarian ICRP, Jl. Cempaka Putih Barat XXI No.34, RT.5/RW.12, Cemp. Putih Barat, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10520

Untuk donasi berupada dana dapat dikirimkan melalui Rek BCA 2068889818 a.n KONFERENSI INDONESIA UNTUK AGAMA DAN PERDAMAIAN. Atau dapat menghubungi 083120400853(Ai).

Penulis : Amatul Noor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *