by

Anak Muda dan Kesadaran Pemanfaatan Iptek Secara Positif

Oleh: Lisa Charistya Sinaga

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dikatakan sebagai suatu hal yang berhubungan dengan teknologi, baik penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi maupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri. IPTEK terus berinovasi untuk mewujudkan manfaat positif terhadap kehidupan manusia. IPTEK tidak hanya bermanfaat dalam sarana kehidupan, tetapi juga untuk mempermudah segala kebutuhan hidup manusia. Dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, manusia menjadi semakin mudah untuk berkomunikasi dalam jarak jauh, bahkan dalam lingkup dunia.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemajuan teknologi adalah pendorong utama peningkatan pendapatan dan standar hidup bagi masyarakat di manapun berada. Konvergensi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan masyarakat memerlukan globalisasi, meski tidak serta merta mengarah pada keseragaman antar negara atau lembaga masyarakat.

Pada masa lalu, perkembangan iptek atau ilmu pengetahuan teknologi berbeda dari satu tempat ke tempat lain bukan hanya karena masyarakatnya berbeda dalam hal tingkat perkembangan pola pikir dan pendidikan, tetapi juga karena kondisi alam yang kontras, sejarah, dan nilai-nilai budayanya.

Seiring berkembangnya zaman, sudah pasti banyak faktor yang memengaruhi perkembangan IPTEK yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat di dunia. Salah satunya ditandai dengan adanya teknologi-teknologi baru yang terus bermunculan dan berinovasi. Sebagai satu di antara negara berkembang di Asia, penggunaan teknologi di Indonesia tergolong cukup pesat.

Berbagai usaha untuk memajukan kualitas IPTEK di Indonesia terus dilakukan, bahkan beberapa produk buatan anak bangsa sudah diakui dunia. Dapat dipetik dari laman tentik.com, contoh teknologi konstruksi buatan Indonesia yang mendunia, beberapa diantaranya adalah sistem cakar ayam, jembatan sosrobahu hingga teknologi jaringan 4G. Namun menurut saya, pada era sekarang tidak sedikit manusia yang menyalahgunakan arti, manfaat, dan tujuan teknologi-teknologi itu diciptakan.

Apakah kalian dapat membayangkan bagaimana kehidupan manusia saat ini bila tidak didukung dengan keberdaan telefon genggam? Sulit untuk menghubungi kerabat jauh dan menyampaikan informasi penting. Oleh sebab itu keberadaan telfon genggam sangatlah menjadi suatu terobosan baru yang mempunyai peran dan pengaruh penting bagi kehidupan saat ini.

Perkembangan teknologi dan informasi yang ada dalam infografis di atas tentunya punya dampak negatif dan positifnya. Dampak positifnya tentu bisa mempercepat persebaran informasi secara akurat dan mutakhir, mempermudah komunikasi antar wilayah, pengembangan wawasan, sarana hiburan, media pertukaran data-data secara cepat dan efektif, dan yang lainnya.

Baca Juga: Diskusi Publik Salah Kaprah pada Kekerasan Seksual, Ruang Diskusi Anak Muda di Pontianak

Globalisasi memungkinkan negara-negara memperoleh akses yang lebih mudah terhadap pengetahuan asing. Kedua, meningkatkan persaingan internasional, termasuk sebagai akibat dari munculnya perusahaan-perusahaan pasar berkembang, dan hal ini memperkuat insentif perusahaan untuk berinovasi dan mengadopsi teknologi asing.

Meski begitu, kita harus menggunakan kemajuan teknologi dan informasi ini secara bijak, karena perkembangan ini tetap memiliki dampak negatif. Adapun dampak negatif yang dapat ditimbulkan seperti memudarnya nilai tradisional dalam masyarakat, semakin banyaknya pembajakan hasil karya, ataupun menguatnya sikap individualisme.

Bahkan yang lebih menakutkan adalah bagaimana perkembangan teknologi ini terkususnya dunia maya berubah menjadi wadah pembulian. Orang –orang yang tidak saling mengenal pun tanpa ragu menyebar kebencian pada kalangan umum. Menilai kehidupan orang lain tanpa mengetahui fakta. Bayangkan saja bagimana dampak negatif tersebut melukai kehidupan seorang pribadi.Cyberbullying bisa membuat korban merasa seperti diserang dari mana saja, bahkan di dalam rumah sendiri.

Sebagai generasi muda yang bergantung dengan teknologi baiklah kita lebih bijak dalam memanfaatkan keberadaan IPTEK. Ini merupkan tugas kita semua untuk terus menjaga sisi positif yang didapat dari perkembangan IPTEK era Globalisasi. Dan mengurangi dampak negatif yang ada. Seperti yang dibahas diatas,bagaimana Cyberbullying dapat terjadi dan terus berkembang marak. Mari mulai dari hal sederhana,menghargai setiap pendapat dan cara pandang masing masing pribadi dalam bersosial media.

Tidak dapat dihindari bahwa cara bersosial-media seseorang tidak sama dengan kita, ada yang senang menggunakan nya untuk media bercerita, tempat menyimpan kenangan bahkan ada pula yang menggunakan sosial media untuk bekerja mencari pendapatan. Tentu saja tujuan yang berbeda dipakai dengan cara yang berbedaTidak dapat di samakan.

Mari menjadi pribadi yang melihat sesuatu dengan lebih bijak dan menjauhi kebencian. Cyberbullying tidak mengandung manfaat baik sama sekali. Mari sama sama pertahankan persatuan dan kemanusiaan.

Oleh: Lisa Charistya Sinaga, Siswi SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed