by

Ahmadiyah Pontianak Donor Darah, Wujud Kemanusiaan Bagi Sesama

Kabar Damai I Rabu, 16 Juni 2021

Pontianak I Kabardamai.id I Setiap tahunnya, setiap tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia, melalui aksi ini stok pemenuhan atas kebutuhan darah dapat bertambah seiring dengan aksi yang dilakukan masyarakat dalam mendonorkan darah yang dimiliki. Semua orang yang dirasa sesuai dengan ketentuan kesehatan diperkenankan untuk mendonor, dengan penuh kesadaran dan wujud kemanusiaan bagi sesama, Jemaah Ahmadiyah di Pontianak juga turut melakukannya.

JAI Kota Pontianak mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak. Dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rustandi yang merupakan mubaligh Ahmadiyah menyatakan bahwa donor darah menjadi agenda rutin yang selalu mereka lakukan.

“Kegiatan donor darah ini memang kegiatan rutin kami, serempak secara nasional dan kebetulan kali ini bertepatan dengan hari donor darah sedunia,” ungkapnya, Senin, (14/6/2021).

Ia juga menyatakan bahwa tidak hanya dilakukan oleh JAI di Pontianak, aksi donor darah yang sama juga secara serempak dilakukan oleh JAI lainnya diseluruh Indonesia. Khusus untuk Jemaah Ahmadiyah yang ada di Kota Pontianak sendiri, Rustandi mengungkapkan dari total 15 orang yang hadir, terdapat 8 orang yang berhasil diambil darahnya.

Baca Juga: Pelarangan Kegiatan Keagamaan dan Pelanggaran KBB Terhadap Ahmadiyah

Seiring dengan masih berlangsungnya pandemi covid-19 hingga kini, kuantitas masyarakat yang melakukan donor darah mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan stok darah menurun sedangkan kebutuhannya mengalami peningkatan. Oleh karena itu, secara rutin JAI melakukan donor darah guna membantu menambah stok kebutuhan darah yang dibutuhkan.

Lebih jauh, Rustandi memaparkan latarbelakang JAI secara rutin melakukan donor darah yang tidak lain sebagai wujud kemanusiaan kepada sesama.

Foto oleh Rio Pratama
Foto oleh Rio Pratama

“Yang melatarbelakangi kami selalu rutin donor adalah karena alasan kemanusiaan saja, karena buat kami ada dua hubungan yang harus terus dijalin oleh setiap muslim Ahmadiyah yaitu hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia,” bebernya.

Tak hanya donor darah, wujud implementasi menjaga hubungan baik kepada sesama manusia turut dilakukan melalui aksi donor mata.

“Hubungan dengan sesama itu implementasinya melalui kegiatan sosial seperti donor darah dan donor mata. Saat donor darah ini, karena dilakukan secara serempak secara nasional JAI melakukan kegiatan ini maka perolehan darahpun bisa mencapai ribuan kantong,” imbuhnya.

Konsistensi JAI dalam mendonorkan darah secara rutin kini semakin dipermudah melalui aplikasi give blood yang harapannya dapat semakin mempermudah masyarakat dalam mencari darah.

“Harapannya dapat membantu orang lain dalam memudahkan mencari darah, kami telah merilis aplikasi give blood sebagai sarana mempermudah orang-orang mencari darah yang dibutuhkan,” pungkas Rustandi.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed