by

82 tahun Sang Pelintas Batas: Jejak Pembaruan Islam Djohan Effendi

-Agenda-17 views

Kabar Damai I Senin, 27 September 2021

Jakarta I kabardamai.id I Djohan Effendi adalah salah satu tokoh penting dalam upaya pengembangan kehidupan keagamaan yang dialogis, harmonis dan terbuka. Hal itu merupakan kebutuhan yang selalu harus diperjuangkan, bukan hanya untuk umat beragama sendiri, tapi juga untuk kepentingan keberlangsungan negara-bangsa.

Djohan Effendi adalah seorang tokoh pluralis, sebutan yang melekat pada dirinya. Sepanjang hidupnya ia berjuang untuk kebebasan beragama, dialog antaragama dan pembelaan terhadap kelompok minoritas yang mengalami diskriminasi di negeri ini. Djohan dikenal sangat gigih mengadvokasi masalah agama seperti yang dialami agama Baha’i, Khonghucu, aliran kepercayaan sampai Ahmadiyah, yang mendapat diskriminasi dari negara.

Bagi Djohan, dalam negara demokratis, kedudukan semua orang sama, apa pun latar belakang, baik etnik, agama maupun keyakinannya. Semua sama di depan hukum. Inilah yang diperjuangkan Djohan Effendi sepanjang hayatnya.

Djohan Effendi adalah sosok yang rendah hati dan penuh kesabaran membina anak anak muda. Ia dikenal luas akrab dari beragam kalangan. Orangnya ramah, terbuka dan santun.

Sejak muda, Ia selalu meluangkan waktu untuk bertemu dengan siapa saja, terutama pada anak anak muda. Banyak lembaga yang didirikannya, sebut saja Interfidei di Yogyakarta, dan ICRP di Jakarta, semuanya merangkum kalangan dari berbagai kelompok dan keyakinan dan inti perjuangannya adalah sama, yaitu pluralisme.

17 November 2017, Djohan berpulang. Tapi spiritnya tetap hidup di kalangan kaum muda dan orang orang yang mendukung gagasannya. Kini, empat tahun setelah berpulang, bagaimana nasib pluralisme, kebebasan beragama, dialog antar agama dan kelompok minoritas pasca Djohan Effendi. Bagaimana kesan personal para sahabat dan murid pak Djohan terhadap tokoh yang begitu militan memperjuangkan idenya tersebut?

Mari kita diskusikan pertanyaan diatas pada Jum’at, 1 Oktober 2021, sekaligus merayakan 82 tahun Djohan Effendi . Akan berbicara para sahabat, murid dan tokoh agama lintas iman..

Tema:
82 Tahun Sang Pelintas Batas:
Jejak Pembaruan Islam Djohan Effendi

Jumat, 1 Oktober 2021
Jam 19.00-21.30

Link Zoom: s.id/Esoterika18

Live Facebook dan Youtube Channel:
ESOTERIKA-FORUM SPIRITUALITAS

Sampai jumpa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed