Lokakarya Membuat Canang, Upaya Mengenalkan Budaya Bali di Tokyo

Kabar Budaya81 Views

Kabar Damai I Selasa, 13 Juli 2021

Tokyo I Kabardamai.id I Sebagai negara yang luas, terbentang dari Sabang hingga Merauke membuat keanekaragaman di Indonesia sangatlah besar. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti perbedaan suku, ras dan atau etnis hingga agama dan faktor lainnya.

Dari perbedaan yang ada, menghasilkan beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Seolah, Indonesia sudah bagaikan gudangnya kebudayaan.

Sebagai hasil cipta dan karsa yang telah ada sejak masa silam, kebudayaan di Indonesia senantiasa dijunjung tinggi oleh semua masyarakatnya. Kebanggaan ini diimplementasikan dengan cara terus merawat dan melestarikan agar tidak punah ditelan oleh perkembangan zaman dan juga teknologi.

Tidak hanya dapat dinikmati sendiri, faktanya budaya Indonesia juga diminati oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Salah satunya Canang Bali yang juga disukai oleh orang-orang di Tokyo.

Baca Juga: Budaya Wayang Kulit Berbahasa Indonesia Dipertunjukkan di Jepang

Bertempat di sebuah lokasi strategis untuk kegiatan ekonomi di Jepang, yaitu Marunouchi Building Tokyo, KBRI Tokyo menyelenggarakan Lokakarya Pembuatan Canang Bali yang mengawinkan promosi budaya dan produk Indonesia dalam acara Bazar Indonesia pada Sabtu (10/7/2021).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Yusli Wardiatno menyampaikan bahwa diplomasi ekonomi dan budaya yang terintegrasi merupakan cara cerdas untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Oleh karena itu, acara budaya dalam suatu pameran selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

“Masyarakat Jepang sangat menghargai budaya, khususnya terhadap kebudayaan Bali yang sangat memikat. Jadi, dengan mengadakan Lokakarya Canang Bali diharapkan dapat menghadirkan pengalaman baru bagi masyarakat Jepang sehingga mereka semakin tertarik dengan budaya dan produk dari Bali,” ujar Yusli.

Sementara itu, Atase Perdagangan, Arief Wibisono mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengambil tema lokakarya tentang pembuatan canang karena merupakan bagian dari budaya Bali yang disukai oleh orang Jepang.

Bahkan, menurut Manajer Garuda Tokyo, Sony Syahlan, sekitar 80 persen turis Jepang yang ke Indonesia memilih Bali sebagai tujuan wisata. Oleh sebab itu, banyak restoran Indonesia di Jepang menggunakan nama Bali, seperti Restoran Kuta Bali di Hachioji dan Restoran Rindu Bali di Shiga.

“Banyak sekali orang Jepang yang sudah rindu dengan Bali. Mereka ingin sekali berwisata, mencicipi kuliner, atau mencoba produk-produk dari Bali,”.

“Untuk itu, kami mencoba mengobati kerinduan mereka dengan menghadirkan kebudayaan Bali dan produk-produk dari Bali, seperti East Bali Cashew dan produk Sustainable Goods dari Baliism,” ungkap Arief. Lokakarya tersebut dibagi dalam dua sesi karena tingginya antusiasme pengunjung. Hal tersebut terlihat dari penuhnya kursi peserta lokakarya pada kedua sesi itu.

Penulis: Rio Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *