by

5 Keyakinan Pokok Muslim Ahmadiyah

Kabar Damai, Rabu 07 Juli 2021

Jakarta I Kabardamai.id I Ahmadiyah adalah muslim, kedudukannya berskala global tidak hanya di Indonesia dengan pengikut lebih dari 10 juta dan berada dilebih dari 220 negara. Ahmadiyah didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad yang diyakini oleh Ahmadiyah sebagai Imam Mahdi.

Imam Mahdi diyakini oleh umat Islam dan ditunggu kedatangannya. Jadi, Ahmadiyah adalah muslim yang sudah mengimani Al-Masih dan Al-Mahdi sudah turun. Menurutnya pula, baik rukun islam dan rukun iman Ahmadiyah juga sama dengan yang diyakini oleh umat Islam kebanyakan.

Kini, Ahmadiyah kerap dianggap sebagai agama sempalan dan sesat oleh banyak masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, persekusi dibanyak daerah terus datang dan terjadi kepada mereka. Keyakinan Ahmadiyah yang dianggap menyimpang dianggap sebagai sumber kesesatan hingga banyak orang hingga kini.

Mln. Jusmansyah dalam kanal youtube Ahmadi Talk memaparkan tentang lima keyakinan pokok jamaah muslim Ahmadiyah yang secara umum sama seperti umat Islam kebanyakan.

“Pertama, sama seperti umat muslim lainnya yaitu beriman pada lima rukun Islam. Pertama syahadat, solat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, membayar zakat dan naik haji. Inilah pondasi dan landasan semua umat Islam diseluruh dunia,” ungkapnya.

“Keyakinan pokok jamaah muslim Ahmadiyah yang kedua, yakni keyakinan terhadap Rasulullah SWT sebagai rasul yang paling sempurna diantara semua nabi. Beliau adalah pembawa syariat terakhir yang diutus oleh Allah ta’ala. Kami berkeyakinan bahwa Rasulullah SWT adalah ciptaan Allah ta’ala yang paling sempurna dimuka bumi ini,” tambahnya.

Baca Juga: Ahmadiyah Pontianak Donor Darah, Wujud Kemanusiaan Bagi Sesama

“Keyakinan pokok jamaah muslim Ahmadiyah yang ketiga adalah kami meyakini bahwa Alquran adalah pedoman sempurna bagi umat manusia. Kami meyakini bahwa huruf demi huruf yang termaktub dalam Alquran sama persis seperti yang diturunkan oleh Allah ta’ala kepada Rasululluah SWT 1400 tahun yang lalu,” tuturnya.

Selain diatas, jamaah muslim Ahmadiyah juga mengimani Al-Masih dan Al-Mahdi yang menurutnya kini telah turun dan berwujud Hazrat Mirza Ghulam Ahmad.

“Keyakinan pokok jamaah muslim Ahmadiyah yang keempat, adalah keyakinan kepada Al-Masih dan Al-Mahdi,”.

“Umat Islam pada umumnya juga percaya akan datangnya Nabi Isa dan Al-Mahdi diakhir zaman, tetapi disinilah letak perbedaannya. Bahwa jamaah muslim Ahmadiyah meyakini bahwa sosok Nabi Isa dan Imam Mahdi diakhir zaman itu sebenarnya telah turun dan kami yakin Nabi Isa dan Imam Mahdi itu telah terwujud dalam diri Hazrat Mirza Ghulam Ahmad,” jelasnya.

Ahmadiyah meyakini bahwa Hazrat Mirza Ghulam Ahmad diutus oleh Allah guna menciptakan hubungan baik antara manusia dan pencipta.

“Rasulullah SWT didalam hadits telah menyebutkan bahwa Nabi Isa dan Imam Mahdi yang akan datang diakhir zaman nanti akan berpangkat nabi dan kami yakin bahwa Hazrat Mirza Ghulam Ahmad diutus oleh Allah ta’ala untuk membangkitkan Islam dan menata kehidupan yang baik antara manusia dan sang penciptanya,” tambahnya lagi.

Terakhir, menurutnya keyakinan terhadap Khilafah adalah keyakinan pokok yang kelima.

“Keyakinan pokok jamaah muslim Ahmadiyah yang kelima adalah keyakinan kepada khilafah. Sebagimana setelah wafatnya Rasulullah SWT kemudian diteruskan dengan khilafah maka begitu juga dengan wafatnya Hazrat Mirza Ghulam Ahmad maka Allah ta’ala memberikan anugerah kepada umat Islam berupa karunia khilafah,”.

“Khilafah Ahmadiyah berdiri atau terbentuk setelah wafatnya Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dan telah berdiri hampir satu abad. Saat ini Khalifah Ahmadiyah telah menginjak pada Khilafah yang kelima yaitu Hazrat Mirza Masroor Ahmad,” terangnya.

Khilafah dalam Ahmadiyah bukanlah seperti Khilafah yang dianggap oleh masyarakat luas saat ini. Hal ini karena Khilafah dalam Ahmadiyah menyebarkan Islam yang damai.

“Misi dari Khilafah Ahmadiyah adalah meneruskan dakwah dan menyebarkan ajaran Islam yang hakiki, yang penuh damai ke seluruh dunia,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed